Ibu-ibu RT 04 Pipitan Mendadak Seniman

0
713 views

WALANTAKA – Sejak ada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, ibu-ibu warga RT 04 RW 02, Lingkungan Pipitan, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, mendadak menjadi seniman. Mereka menuangkan idenya saat menghiasi jalan paving block dengan bermacam motif.

Di siang yang terik, Minggu (9/8), Radar Banten melihat beberapa ibu-ibu warga RT 04 duduk di paving block. Mereka sedang membuat gambar dengan cat berbagai warna. ”Kita baru selesai masak dan beres-beres rumah, langsung pegang kuas dan cat,” kata Suanah, salah satu warga RT 04.

Ia mengaku, ibu-ibu warga RT 04 tak mau kalah dengan bapak-bapak. Di saat suami mereka bekerja atau bergotong royong menata kampung, ibu-ibu menghias halan dengan cat. ”Kita sebelumnya latihan ngegambar dulu di kertas,” jelas Suanah.

Lukisan yang dibuat ibu-ibu adalah bermacam motif motif bunga. ”Kalau banyak gambarnya kan jadi bagus,” ujar Suanah.

Ketua Pemuda Penggerak Lingkungan RT 04 Ahyadi menambahkan, pengecatan paving block ini merupakan penataan tahap akhir. Sebelum waktu penilaian lomba dimulai, hasil penataan kampung ini akan evaluasi dan disempurnakan.

”Kita perlu ada evaluasi supaya jangan sampai terlewat yang belum lengkap,” ujarnya.

Ahyadi pun mengakui jika RT 04 belum memiliki inovasi pengolahan sampah. Di sisa waktu yang tinggal beberapa minggu lagi, sebelum penilaian dimulai, warga berencana mendirikan bank sampah.

”Nanti bakal kita pilah sampahnya, antara organik dan non organik. Yang sampah plastik bisa kita olah jadi produk kerajinan tangan dan bernilai ekonomi,” pungkas Ahyadi. (mg06/don)