Ibu-ibu Tonggak Penataan RT 03 Sukajadi

0
797 views

SERANG – Semangat dan kekompakan ibu-ibu warga RT 03 RW 11, Lingkungan Sukajadi, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, telah terbukti. Mereka lebih banyak berperan dalam kegiatan warga untuk mengubah kampungnya menjadi lebih baik. Menjadi lebih nyaman untuk dihuni.

Di kampung ini, penataan dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari bagian depan kampung, depan pekarangan rumah warga, hingga ke bagian belakang kampung.

Dari merawat tanaman hingga mengecat lis jalan dan pemagaran, ibu-ibu warga RT 03 tak segan turun tangan membantu bapak-bapak dan pemuda. Ibu-ibu ini mengganti suami-suaminya yang tak sempat gotong royong karena sibuk bekerja.

”Kalau enggak ada ibu-ibu, penataan enggak akan selesai sesuai target,” kata Ketua RT 03 Laila Partini kepada Radar Banten, Rabu (5/8).

Dijelaskan Laila, kegiatan gotong royong ibu-ibu dilakukan setiap pagi dan sore hari. Biasanya, mereka melakukan pekerjaan yang ringan seperti mengecat pagar, membuat lis jalan, dan menanam pohon. ”Kadang, kita bikin pager juga,” tambahnya.

Sementara, bapak-bapak dan pemuda RT 03 melakukan pekerjaan berat, seperti mengcangkul lahan untuk tanaman, membuat hiasan dari bambu, serta pengecatan. ”Kita sekarang mau bikin tanaman hidroponik,” jelasnya.

Laila mengaku, hampir semua arahan tim juri pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 sudah dipenuhi. Mulai dari membersihkan selokan, sampai pengesahan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan. ”Kita sudah siap dinilai. Bismillah ajalah,” pungkasnya.

Lurah Kagungan H Sobirin menilai, LRLA mampu menggerakan gotong royong warga termasuk ibu-ibu. Ia mengimbau warganya untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas penghijauan dan kebersihan di kampung.

”Lomba ini sebuah motivasi yang harus terus dipertahankan,” tandas Sobirin. (mg06/don)