Ibu Rumah Tangga Rentan HIV/AIDS

SERANG – Penyakit HIV/AIDS ternyata rentan menyerang ibu rumah tangga. Hal ini terungkap dari pencatatan bagian Penanggun Jawab Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Asmawati.

Berdasarkan data, dari tahun 2002 hingga Juni 2014 penderita AIDS di Provinsi Banten sebanyak 2.029 penderita. Jumlah penderita yang meninggal dunia sebanyak 175 penderita.

Asmawati menjelaskan, apabila dulu kaum rentan penderita AIDS lebih pada para pekerja seks komersil, kini hampir 10 persen penderita justru merupakan ibu rumah tangga (IRT). “Pada dasarnya semua punya potensi terkena HIV dan AIDS. IRT juga bisa kena AIDS karena suami yang menggunakan jarum suntik yang sudah tertular dan lantaran sering jajan di luar rumah,” terangnya, Sabtu (9/8/2014).

“Penularan pada IRT ini bisa jadi tidak disadari pada awalnya. tetapi baru ketahuan ketika ada penyakit penyerta yang tidak sembuh-sembuh dan ketika sudah ditelusuri positif HIV,” lanjutnya.

Sementara itu, tren penularan HIV dan AIDS di Banten tahun 2002 hingga 2008 masih didominasi oleh penggunaan jarum suntik. Sedangkan untuk tahun 2009 sampai tahun 2014 faktor hetero-seksual mendominasi tidak hanya di Banten tetapi di tingkat nasional. “Dari Penasun beralih ke hetero-seksual,” pungkasnya.(WAHYUDIN)