ICMI Banten dan Yayasan Ash Shalihin Tebar Ratusan Alquran ke Pesantren

0
1.048 views

SERANG – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Banten bekerja sama dengan ICMI Kota Serang dan Yayasan Tebar Qur’an Ash Shalihin, Jakarta, melakukan kegiatan Tebar Quran untuk pesantren Salafiyah dan beras untuk guru ngaji di Kecamatan Curug dan Walantaka, Kota Serang, Sabtu (15/8/2020).

Ketua ICMI Banten Prof Dr Lili Romli mengatakan, ICMI Orwil Banten memiliki perhatian khusus kepada pesantren dan guru ngaji karena mereka adalah kawah candradimuka bagi perkembangan Islam di Indonesia.

“Untuk itulah kami berusaha melakukan penggalangan dana baik secara internal melalui donasi pengurus maupun bekerja sama dengan pihak eksternal. Kamj bekerja sama dengan Yayasan Tebar Quran Ash Shalihin Jakarta yang membantu mendonasikan Alquran dan beras untuk guru ngaji. Insya Allah kerja sama ini akan kami lanjutkan pada kesempatan yang akan datang, ” kata Lili seperti rilis yang diterima Radar Banten, Minggu (16/8/2020).

Sementara Ketua ICMI Kota Serang Agus Munandar menambahkan pihaknya terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan ICMI Banten untuk membantu menyalurkan bantuan Alquran kepada pesantren yang ada di Kota Serang. “Mudah-mudahan ke depan kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Serang namun juga dapat merambah ke ICMI Orda lain di Banten,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Agung, perwakilan yayasan Ash Shalihin Jakarta. Kata dia, Banten menjadi lokasi selanjutnya bagi kegiatan Tebar Quran Yayasan Ash Shalihin setelah Bangka Belitung, Aceh, Jakarta, dan lokasi-lokasi lainnya di Indonesia dengan dukungan donatur.

Pimpinan Pesantren Al Ikhlas Tinggar KH Baihaki mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ponpesnya dan para santri salafiyah yang belum memiliki Alquran agar mereka lebih semangat dalam mempelajari dan menghapalnya.

Sedangkan pimpinan pesantren, Nurul Islam al Mawardi, KH Ahmad Mawardi, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan tersebut seraya berdoa untuk keberkahan para penggiat dan donatur.

Selain di pesantren tersebut, Tebar Quran juga dilaksanakan di Pesantren Jariyatul Islamiyah pimpinan KH Hasan Basri, dan Pesantren Darul Ikhsan pimpinan KH. Zaenal Ma’ruf bin H. Mar’an.

Sementara sekretaris ICMI Orwil Banten, Rohman, yang ditemui di pesantren Darul Ikhsan Curug Manis mengatakan kegiatan Tebar Quran juga akan dilaksanakan pada kegiatan Pengabdian ICMI Banten di Pulau Sanghiang dan Pulau Tunda bulan depan. “Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keberkahan agar terus bermanfaat untuk umat,” tuturnya. (alt)