IDCC 2016, Ajang Unjuk Gigi Drum Corps Se-Indonesia

0
901 views

SERANG – Grup drum band asal Banten ikut bersaing di ajang kompetisi drum band yang digelar oleh Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang.

Menurut Presiden IDCC Hari Doyo Sugianto, event ini diikuti oleh 12 tim yang berasal dari enam daerah di Indonesia di antaranya Kota Depok, Karawang, Cirebon, Medan, Kota Serang, dan Kabupaten Tangerang.

Ia mengatakan, kompetisi tersebut merupakan suatu pemanasan untuk Indonesia dalam kontestan drum band. Ia menilai, potensi drum band di Indonesia masih banyak yang harus diperbaiki. “Melalui event ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas agar bersaing di internasional,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam kompetisi ini terdapat empat kategori yang akan dilombakan di antaranya drum battle, soundsport, drumcorp, dan parade. “Jadi 12 tim itu bisa mengikuti empat kategori atau sebagian saja. Besok (hari ini-red) akan ada final kategori drum battle, soundsport, drumcorp,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, lanjut dia, akan ditutup dengan parade drum band yang akan digelar mulai dari Kantor Cabang bjb Serang hingga eks Pendopo Gubernur Banten.

Ia menambahkan, setelah kompetisi ini, selain memperebutkan hadiah, pemenang juga akan mendapatkan pembinaan serta akan direkomendasikan untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional.

“Untuk pendanaan acara ini murni hasil sponsor tanpa dari pemerintah, kami bekerja sama dengan Bank bjb dan Drum Corp Internasional (DCI) dengan menghadirkan dewan juri dari Kanada dan Amerika,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Biro Umum, Siti Maani Nina menjelaskan, Pemprov Banten sangat mendukung event seperti ini. Menurutnya event tersebut bisa mengasah bakat sekaligus melatih mental pata generasi muda, di Banten khususnya, dan Indonesia umumnya.

“Banten Drum Corp pun ikut berlaga di arena Indonesia Drum Corps Championship 2016 yang diselenggarakan di Kota serang ini. Semangat dan terus bekerja keras untuk menjaga eksistensinya yang sudah diakui dunia. Tetaplah selalu menjadi juara dalam kompetisi apapun. Bravo Banten Drum Corp,” ujarnya. (ADVERTORIAL/Biro Umum Setda Provinsi Banten)