Ikut Amankan Pilkada, TNI Awasi Upaya Isu SARA

0
544 views
Jenderal Gatot Nurmantyo (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)

TENTARA Nasional Indonesia (TNI) ikut membantu Kepolisian mengamankan pemilihan kepala daerah serentak yang akan digelar 101 daerah pada 15 Februari mendatang. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pun tengah menyiapkan personelnya.

“Kami penuhi apa yang diminta oleh kepolisian RI, dan saya masih menyiapkan,” ujarnya usai menggelar rapat kerja di Kompleks Parlemen, kemarin malam, dilansir JawaPos.com.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono menambahkan, pihaknya akan membantu mengamankan Pilkada dari ulah-ulah yang akan memperkeruh suasana. “Jadi, jangan pesta ini dikotori oleh ulah-ulah untuk kepentingan politik. Jangan ada toleransi terhadap kelompok-kelompok yang akan mengganggu. Itu komitmennya TNI,” tegas dia.

Termasuk pihak-pihak yang menggulirkan isu suku, ras, agama, dan antargolongan (SARA). Dalam hal ini, TNI akan melakukan deteksi dini dengan upaya SARA pada pesta rakyat nanti.

“Prinsipnya kita tidak ingin ada hal seperti itu terjadi. Maka deteksi dini kita melalui Babinsa itu kita maksimalkan betul untuk mengantisipasi terjadinya hal yang dimaksudkan. Terkait isu sara,” jelasnya.

Untuk proses hukum bagi mereka yang melakukan SARA, TNI menyerahkannya kepada Kepolisian RI. “Prinsipnya dalam hal deteksi dini TNI akan membantu. Tapi proses selanjutnya tergantung hukum,” pungkas Mulyono. (dna/JPG)