Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Foto JawaPos.com

JAKARTA – Pendaftaran pendidikan dan pelatihan (diklat) bela negara sudah tersedia secara online. Bagi Anda yang ingin mendaftar bisa mengunjungi alamat www.belanegara.kemhan.go.id. Kemudian klik pada menu “Diklat Bela Negara” dan pilih “Pendaftaran”. Setelah masuk pada tampilan pendaftaran, Anda tinggal mengisi form identitas pribadi.

Anda juga diharuskan mengisi email, username, dan pasword yang ingin digunakan. Selanjutnya, akan ada konfirmasi dari pihak Kementerian Pertahanan. Saat ini, total kader bela negara berjumlah 1.316.200 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk provinsi dengan jumlah kader terbanyak adalah Jawa Barat, yaitu 346.700 kader, disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah. Masing-masing sebanyak 159.454 kader dan 141.228 kader. Sementara jumlah kader yang telah mendapat sertifikat bela negara sebanyak 56.528 orang.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, website bela negara ini untuk mempermudah masyarakat mencari dan mengenal lebih dekat mengenai program pendidikan dan latihan bela negara. Dengan mengikuti bela negara, diharapkan masyarakat dapat menjadikan Pancasila dan nilai-nilai bela negara sebagai landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kami juga tentunya akan melihat kesehatan calon kader dulu, apakah memungkinkan atau tidak. Jadi, ini bukan pelatihan militer, diklatnya juga yang ringan-ringan saja dan banyak di kelas,” ujarnya saat peluncuran website bela negara di Kantor Kemhan, Jakarta, Selasa (23/2), seperti dilansir JawaPos.com. (JPG)