Ilalang Terbakar, Rumah Tak Berpenghuni Ludes

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar rumah di Kidang, Kota Serang, kemarin.

SERANG – Sebuah rumah kosong di Lingkungan Kidang, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, Kota Serang, terbakar, Rabu (29/8). Kobaran api yang berasal dari ilalang itu sempat membuat warga sekitar panik.

Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi sekira pukul 12.48 WIB. Kobaran api itu kali pertama diketahui warga bernama Nuraini. Khawatir api semakin membesar, Nuraini melaporkan peristiwa tersebut ke Damkar Kota Serang.

Namun, api telah merambat ke bangunan kosong. Atap rumah yang sudah lama ditinggal pemiliknya langsung dilalap api. Beruntung api berhasil dipadamkan setelah empat mobil damkar dan tiga mobil tangki air dikerahkan ke lokasi kejadian. “Api diduga berasal dari rumput ilalang yang terbakar, dibarengi dengan angin, kemudian api itu menjalar ke bangunan,” kata Kapolsek Serang Komisaris Polisi (Kompol) Irwanda.

Kata Irwanda, rumah telah puluhan tahun kosong. Pemilik rumah beserta keluarganya pindah ke Jakarta.  “Korban enggak ada. Rumah ini kosong dan sudah tahunan terkunci. Diperkirakan kerugian mencapai Rp20 jutaan,” kata Irwanda.

Untuk mencegah peristiwa serupa, Irwanda mengimbau masyarakat lebih waspada terhadap potensi kebakaran lantaran cuaca panas belakangan. “Masyarakat untuk mohon hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan,” imbau Irwanda.

Sihari, warga sekitar, mengaku sempat panik dengan kebakaran yang terjadi di samping rumahnya. “Asap sudah masuk ke dalam rumah. Untung bagian temboknya saja yang terkena percikan api,” kata Sihari. (Merwanda/RBG)