Indonesia Raih Juara MTQ Internasional di Mesir

Lauhin Mahfudz dan Farhan Tsani, peserta dari Indonesia, meraih juara II Cabang Syahril Quran pada MTQ Internasional 2018 di Kairo, Mesir. Foto: Kemenag

JAKARTA – Lauhin Mahfuz dan Farhan Tsani pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Mesir menorehkan prestasi yang membanggakan pada cabang syarhil Quran. Pada babak final, Rabu (4/4), Lauhin Mahfuz yang mewakili Indonesia bersama Farhan Tsani, meraih juara II dari empat negara yang lolos ke babak final.

“Juara I diraih utusan Filipina, Juara II Indonesia, Juara III Malaysia dan Juara IV Nigeria,” tulis Lauhin Mahfudz pada laman Facebooknya sebagaimana dikutip Kemenag.

Atas prestasi ini, keduanya berhak atas hadiah umrah dan uang sebesar 5.500 pound.

Lauhin menuliskan rasa syukurnya atas prestasi yang telah diraih.

“Alhamdulillah, sebelumnya kami sebagai perwakilan Indonesia dalam MTQ Cabang Syarhil Quran berhak melangkah ke babak final dengan 3 negara lainnya yaitu : Malaysia, Filipina, dan Nigeria pada tanggal 4 April 2018,” ujar Lauhin sebelum melaju ke final.

Ada 20 negara yang ikut ambil bagian di Cabang Syarhil Quran MTQ tingkat internasional ini. Sebelum masuk final, duet Lauhin Mahfudz dan Ahmad Farhan Tsani sebelumnya juga sukses meraih peringkat kedua babak semifinal sebagai tiket bagi Indonesia menuju final.
Kedua pemuda asal Indonesia ini merupakan alumni Pesantren Raudhatul Hasanah Medan, Sumatera Utara. Lauhin Mahfudz berasal dari Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dan Ahmad Farhan Tsani berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara.

Mereka kini sedang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo. Lauhin Mahfudz sendiri juga sempat menimba ilmu agama di UIN Ar Raniry Banda Aceh pada jurusan Tafsir Al Quran dan Hadist sebelum dia diterima menjadi mahasiswa Al Azhar Mesir sejak tahun 2016. (Kemenag/Aas)