Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi.

SERANG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi menyurati Pemprov Banten mengenai informasi pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016. Surat Nomor B/501/M.PAN.RB/01/2016, tertanggal 27 Januari 2016, tentang sanggahan adanya jadwal penerimaan CPNS tahun 2016. Kementerian ini meminta kepada pemerintah daerah untuk mengumumkan kepada masyarakat bahwa belum ada keputusan penerimaan CPNS tahun ini.

“Animo masyarakat terhadap CPNS masih tinggi, takut ada oknum-oknum yang memanfaatkan, Menpan RB menyurati pemerintah daerah. Biasanya kalau ada penetapan, pemerintah daerah dipanggil terlebih dahulu oleh pemerintah pusat,” jelas Kabid Sumber Daya Aparatur (SDA) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Herry Purnomo di ruang kerjanya, Selasa (9/2/2016).

Herry menambahkan, Pemprov khawatir ada penipuan di masyarakat akibat informasi yang beredar di internet. “Kalau konflik sosial mungkin tidak akan ada, tapi potensi penipuan ini yang dikhawatirkan. Persoalan honorer K2 yang saat ini sedang ramai, saya rasa tidak berkaitan dengan ini,” katanya.

Herry sudah menempel surat tersebut di BKD dan telah menyiarkannya di website resmi BKD. “Sengaja kita tempel kalau ada yang protes atau nanya bisa kita tunjukkan,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar informasi penerimaan CPNS tahun 2016 di media sosial. Warga yang antusias dengan informasi ini, menanyakan ke pemerintah daerah dan mempersiapkan lamaran. (Bayu)