Ingin Beli Smartphone? Pertimbangkan 5 Hal Ini

PERKEMBANGAN smartphone seperti tak ada habisnya. Baru saja keluar Samsung S8, langsung diberondong dengan keluarnya kompetitor teranyar dari smartphone andalan milik Apple, mulai dari iPhone8, iPhone8 Plus hingga yang paling fenomenal adalah iPhoneX.

Harganya pun terbilang sangat fenomenal dan beberapa orang menyebut harganya terlalu kemahalan.

Tapi, bagi para fansboy, penggemar produk-produk Apple, harga bukan menjadi soal. Demi terlihat kekinian di antara teman-teman lainnya, mereka akan melakukan apapun demi mendapatkan iPhone terbaru.

Salah satu cara yang bisa mereka lakukan adalah dengan mengambil cicilan tanpa kartu kredit.

Namun, sebelum Anda mengganti smartphone Anda dengan yang baru. Ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut, agar Anda bisa lebih bijak ketika membeli smartphone terbaru Anda.

Jangan Terpaku Pada Tren

Smartphone adalah barang yang mengalami penyusutan paling cepat. Rata-rata penyusutan harganya bisa mencapai 40 persen – 50 persen dalam waktu satu tahun. Jadi, jika saat ini harga iPhoneX dalam kisaran harga Rp 20 jutaan, Anda bisa membelinya dengan harga lebih murah hingga setengahnya di tahun depan.

Dengan begitu sebetulnya Anda tidak perlu mencicilnya. Anda tinggal menabung dan menyisihkan penghasilan Anda Rp 1 juta per-bulan untuk mendapatkan iPhoneX tahun berikutnya. Meskipun pada saat itu memang sudah pasti akan muncul smartphone baru yang lebih canggih lagi.

Tapi, jika harga Rp 10 juta masih terlalu mahal, Anda bisa menurunkan pilihan smartphone Anda di bawah Rp 10 juta. Misalnya beberapa jajaran smartphone tercanggih keluaran Samsung seperti Samsung Galaxy Note 8 yang baru saja diluncurkan dengan harga sekitar Rp 12 jutaan. Tahun depan harganya sudah pasti akan menyusut.

Pastikan Harganya Sesuai dengan Prosessor yang Disematkan

Salah satu kunci untuk membeli smartphone adalah pastikan bahwa prosessornya sudah cukup mumpuni. Akan menjadi sia-sia jika smartphone yang Anda pilih hanya mengandalkan fitur lain namun mengesampingkan kecepatan dan teknologi prosessornya.

Untuk urusan spesifikasi, cara yang paling mudah menentukan harga smartphone apakah terlalu mahal atau sudah cukup murah, bandingkan smartphone impian Anda dengan smartphone lain seperti Xiaomi yang memiliki spesifikasi yang sama. Xiaomi memang sangat dikenal sebagai smartphone murah namun memberikan spesifikasi yang tinggi.
Sebagai contoh Xiaomi Mi Mix 2 yang sudah mengusung chipset Snapdragon 835 dibandrol dengan kisaran harga antara Rp 6.6 juta. Sedangkan smartphone lain dengan mengusung prosesor yang sama malah dijual dengan harga yang lebih mahal seperti Google Pixel 2 yang dijual dengan kisaran harga sekitar Rp 8.7 juta.

Perhatikan Kapasitas Penyimpanannya

Kapasitas penyimpanan saat ini menjadi salah satu faktor yang memang diperhitungkan ketika membeli sebuah smartphone terbaru. Alasannya, Anda tidak perlu repot transfer data saat smartphone Anda sudah terlalu penuh dengan data.

Apalagi saat ini drama Korea memang sudah menjadi salah satu tontonan wajib para komuter saat berada di kereta atau bus umum sebagai salah satu cara untuk mengisi waktu di perjalanan.

Beberapa smartphone mid end, rata-rata sudah mengusung kapasitas memori mulai dari 64 GB sampai dengan 128 GB. Dengan kapasitas penyimpanan seperti itu, Anda tidak perlu lagi membutuhkan memori tambahan.

Inilah fungsi prosesor yang andal dibutuhkan ketika sebuah smartphone memiliki memori yang besar. Tentu saja semakin besar penyimpanannya akan semakin mahal harganya dan berpengaruh terhadap cicilan tanpa kartu kredit sekalipun.

Jangan Terlena dengan Kamera Besar

Beberapa smartphone memberikan gimmick kamera besar sampai dengan lebih dari 20 megapixel. Tapi Anda harus balik bertanya pada kebutuhan Anda sendiri, apakah Anda merasa cukup smartphone sehari-hari yang lebih banyak digunakan untuk chatting tapi memiliki kamera besar?

Lain halnya jika Anda memang membutuhkannya untuk menunjang pekerjaan misalnya seperti travel fotografer atau jurnalis yang membutuhkan kamera mumpuni untuk melengkapi berita dan tulisan.

Bahkan kini tren berubah dengan fitur dual camera sehingga hasilnya hampir setara dengan kamera mirrorless atau DSLR. Hasil foto dual camera memang lebih menarik karena efek bokeh yang dihasilkan sangat terlihat dibandingkan dengan smartphone yang masih menggunakan mono camera.

Sesuaikan Kapasitas Baterai dengan Kebutuhan

Terakhir dan yang juga cukup krusial sebelum mengambil cicilan tanpa kartu kredit untuk smartphone impian Anda, pertimbangkan lagi kapasitas baterainya.

Semakin canggih smartphone yang Anda miliki akan semakin banyak pula konsumsi baterainya. Walhasil Anda memang butuh smartphone dengan baterai yang tahan lama.

Beberapa smartphone yang dikenal memiliki baterai awet biasanya memiliki kapasitas di atas 4.000 mAh. Ukuran tersebut bisa dijadikan patokan ketika Anda membeli sebuah smartphone dengan mempertimbangkan kapasitas baterainya.

Untuk beberapa baterai dengan kapasitas di bawahnya paling lama bertahan selama 6-8 jam jika dipergunakan secara normal sambil tersambung dengan koneksi internet. Namun, jika tidak digunakan sama sekali untuk sambungan internet dan hanya digunakan untuk komunikasi lewat telpon dan sms saja malah bisa bertahan hingga lebih dari 24 jam.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli smartphone impian Anda. Jika Anda masih kekurangan dana untuk mewujudkannya, Anda bisa membeli smartphone impian Anda di e-commerce merchants manapun dengan memanfaatkan cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo.

Anda bisa membeli di lebih dari 100 merchants online dengan 3 langkah yang sangat mudah tanpa survei dan tanpa harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. (jpnn)

BAGIKAN