Ingin Jadi Kampung Pelangi, Irigasi Kering pun Diwarnai

0
715 views

TIRTAYASA – Warga berniat mengubah lingkungannya menjadi kampung pelangi. Makanya, di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, warga RW 03, Kampung/Desa Laban, Kecamatan Tirtayasa, mulai mewarnai tembok rumah, pagar, hingga tembok saluran irigasi yang tidak dialiri air.

Warga kampung ini baru mulai berusaha mewujudkan keinginannya itu pada pekan lalu. Mereka mengawalinya dengan membersihkan sampah di pekarangan rumah dan jalan. Kemudian, Senin (26/10) pagi, warga melakukan pengecatan.

Kepala Desa Laban Ubaidillah mengatakan, sampah menjadi persoalan yang tak pernah selesai di wilayahnya. Namun, ia tidak mau hal itu menjadi beban dan mematahkan semangat warga dalam menata kampung.

”Makanya, setelah bersih-bersih meski belum maksimal, pengecatan harus terus berjalan supaya keinginan warga punya kampung pelangi terwujud,” katanya kepada Radar Banten.

Pengecatan oleh warga RW 03, harap Ubaidillah, bisa memotivasi warga RW lainnya di Desa Laban yang belum mulai menata kampungnya, untuk ikut bersaing di LKBA. ”Apalagi, ditambah rencana yang mau bikin kampung pelangi, wah, warga di RW lain mulai kepengen juga tuh,“ ujarnya.

Dijelaskan Ubaidillah, RW 03 terdiri dari tiga RT, yakni RT 07, RT 08, dan RT 09. Semuanya sedang proses berbenah. Ada yang mengecat pagar, jalan, dan pos ronda.

”Alhamdulillah, semua warga kompak. Semoga kami dapat juara,” harap Ubaidillah.

Kasi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Tirtayasa Arifudin juga menyarankan agar warga RW 03 membuat kampung menjadi hijau dengan menanam pohon di sepanjang pinggir jalan kampung. ”Jadi jangan cuma dicat, tapi juga harus ada penghijauan,” tegasnya.

Arifudin mengaku bakal terus memantau progres penataan lingkungan RW 03 agar hasilnya maksimal. Ia juga sudah mengingatkan warga untuk melengkapi alat keamanan di pos ronda.

”Saya pastikan, baik dari kebersihan maupun keamanan lingkungan, semua bakal terpenuhi,” pungkasnya. (mg06/don)