Ingin Mudik, Malah Bobol Kotak Amal

0
363 views
Andi Irwansyah saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Serang, Kamis (4/7)

SERANG – Keinginan Andi Irwansyah (42), untuk mudik ke kampung halamannya di Karawang, Jawa Barat, terpaksa ditunda. Soalnya, aksinya mencuri uang kotak amal masjid, kemarin (4/7), dipergoki warga. Andi pun dibawa ke Mapolsek Serang.

Pencurian itu terjadi sekira pukul 11.25 WIB. Andi yang sedang bingung mencari ongkos pulang, mendatangi Masjid Attaubah, Lingkungan Penancangan Pasir, Kelurahan Kaligandu, Kota Serang.

Kondisi masjid yang tengah sepi membulatkan niat Andi. Berbekal linggis, Andi mencongkel kunci kotak amal. Namun, kotak amal yang terbuat dari kaca tersebut pecah. Bunyi pecahan kaca itu terdengar oleh warga. “Ada ibu-ibu yang tidak jauh dari lokasi (masjid-red) mendengar suara pecahan kaca. Ibu tersebut lalu mengintip ke dalam masjid dan melihat pelaku (Andi-red),” ujar Kanitreskrim Polsek Serang Inspektur Polisi Satu (Iptu) Juwandi.

Andi yang terlihat tengah memasukan uang kotak amal masjid ke dalam tasnya diteriaki maling. Sontak teriakan tersebut mengundang warga sekitar. Warga bergegas mendatangi sumber suara dan menangkap Andi. “Pelaku langsung didatangi warga saat berada di dalam masjid,” kata Juwandi.

Warga yang berang sempat main hakim sendiri. Beruntung bagi pelaku, anggota Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Serang Kota Brigadir Polisi (Brigpol) Chevi dan Brigadir Satu (Briptu) Agus Riyanto yang melintas mengamankannya. “Ada dua anggota yang sedang berugas di Pos Polisi Serang Timur mendengar informasi pencurian tersebut. Kedua anggota tersebut langsung mengamankan pelaku dari lokasi,” kata Juwandi.

Selain mengamankan Andi, polisi mengamankan barang bukti berupa uang kotak amal Rp1 juta dan sebuah linggis. Andi dijerat dengan Pasal 363 KUH Pidana. “Pelaku mengaku nekat mencongkel kotak amal untuk ongkos pulang ke Karawang. Dia sudah 4 hari di Kota Serang ada keperluan di Banten Lama,” kata Juwandi. (Fahmi Sa’i)