Ini Benda-benda di Rumah yang Bisa Picu Kanker

ADA banyak bahan kimia berbahaya yang tidak terlihat di atmosfer yang terbukti bisa memicu kanker. Bahan kimia tersebut juga hadir dalam banyak produk yang biasa kita gunakan di rumah.

Beberapa barang di rumah biasanya mengandung karsinogen seperti formalin, racun reproduksi, dan pengganggu hormon.

Itu hanyalah satu dari sekian banyak agen penyebab kanker. Berikut ini adalah beberapa beberapa produk rumah yang bisa menyebabkan kanker, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Rabu (20/6).

1. Karpet

Karpet dibuat dengan bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker, seperti formaldehyde dan acetone.

Kebanyakan karpet juga mengandung retardants yang bersifat karsinogenik. Selain itu, “bau karpet baru” sebenarnya berasal dari sejenis bahan kimia yang telah terhubung ke mata, hidung dan komplikasi pernapasan.

2. Sofa

Pada tahun 1975, California mengesahkan undang-undang yang mengharuskan sebagian besar furnitur harus dilapisi dengan penghambat api. Tujuannya untuk mencegah kebakaran furnitur yang disebabkan oleh rokok.

Begitu California mengesahkan undang-undang, sebagian besar perusahaan furnitur melapisi semua furnitur dalam bahan kimia.

Tetapi pengujian kemudian menemukan bahwa bahan-bahan kimia itu sebenarnya bisa menyebabkan kanker. Bahan kimia masih digunakan sampai sekarang.

3. Tirai kamar mandi Anda

Pada tahun 2008, para ilmuwan Amerika meminta agar semua tirai shower mengandung PVC atau racun, bahan kimia penyebab kanker, dilarang dijual dari rak-rak toko.

Meskipun toko tidak lagi menjual gorden ini, jika Anda memiliki satu di rumah Anda, itu mungkin membocorkan bahan kimia yang kemudian masuk ke tubuh Anda.

4. Perabotan dari kulit

Sekitar setengah dari semua furnitur kulit mengandung zat karsinogen yang dikenal sebagai kromium. Plus, proses kulit mati juga telah ditemukan menyebabkan kanker, membuatnya berbahaya bagi pekerja pabrik.

Pastikan Anda memeriksa label untuk mengetahui apakah furnitur Anda bebas krom dan hindari membeli furnitur yang mengandung bahan kimia.

5. Pencahayaan neon

CFL (compact fluorescent light) yang direkomendasikan pemerintah sebenarnya bisa menyebabkan kanker.

Bohlam lampu mengandung merkuri, yang dikenal sebagai karsinogen. Plus, bohlam juga memancarkan radiasi ultraviolet tingkat tinggi.

Jika lapisan pelindung bohlam retak, tingkat radiasi UVA dan UVB yang berbahaya bisa lolos. Ini berarti Anda bisa terkena kanker kulit, hanya dari lampu Anda.

6. Produk pembersih

Banyak produk pembersih rumah tangga dikenal sebagai karsinogen. Meskipun mereka bisa mensterilkan rumah Anda, mereka juga bisa menyebabkan Anda menghirup bahan kimia beracun dan membiarkan bahan kimia tersebut menumpuk di permukaan rumah Anda. Tapi untungnya, pembersih kimia bebas tersedia.

7. Lemari Anda

Semua pembersihan kering yang Anda miliki berpotensi menyebabkan kanker. Dan ketika Anda menyimpan dry cleaning itu di satu tempat, seperti lemari Anda, risikonya bahkan lebih besar.

Proses untuk pakaian dry-cleaning beracun, tetapi kebanyakan orang Amerika bahkan tidak menyadari risikonya.

Bahan kimia yang dikenal sebagai “perc” digunakan untuk melarutkan noda pada pakaian. Dan meskipun itu bagus, itu juga bagus dalam menyebabkan kanker.

8. Lantai vinyl

Lantai vinyl mengandung PVC, yang dikenal sebagai carcinogen. Menginstalnya di rumah Anda berarti mengekspos keluarga Anda terhadap potensi bahaya PVC. Juga, dioksin, yang merupakan racun karsinogenik, diproduksi selama proses pembuatan lantai vinil.

Meskipun perusahaan lantai vinyl telah mengurangi paparan terhadap karyawan mereka, mereka yang memiliki lantai vinil di rumah mereka masih berisiko.

9. Makanan di dapur Anda

Ada beberapa makanan yang telah diklasifikasikan sebagai karsinogen oleh FDA. Daging merah panggang dan popcorn microwave ini bisa menyebabkan kanker.

Minuman berkarbonasi dan ikan yang dibudidayakan juga termasuk dalam daftar penyebab kanker. Anda mungkin bisa mengurangi risiko kanker Anda menjadi setengahnya dengan menghilangkan makanan karsinogenik dari diet Anda.

10. Cangkir styrofoam

Styrene adalah bahan utama dalam produk styrofoam. Pada tahun 2014, secara resmi dicap sebagai karsinogen yang dicurigai.

Ini juga ditemukan di produk lain setiap hari seperti berbagai plastik, lemari es dan bahkan karpet di rumah Anda.

Cara terbaik untuk menghindari styrene adalah berhenti membeli produk styrofoam. Piring dan cangkir kertas adalah alternatif yang lebih aman. (fny/jpnn)