Ini Cara Alami Atasi Gangguan Pencernaan

MENGATASI gangguan pencernaan tidaklah sulit. Gangguan pencernaan, dalam istilah medis dikenal sebagai dyspepsia, adalah permasalahan sekresi cairan pencernaan dalam perut.

Biasanya gangguan pencernaan terjadi setelah makan makanan pedas, makanan berlemak atau makan berlebihan

Hal ini juga bisa dipicu atau diperburuk karena penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau kenaikan asam lambung ke kerongkongan, sindrom iritasi usus, stres atau kecemasan, obesitas, maag, infeksi lambung, penyakit tiroid, merokok dan obat-obatan tertentu.

Beberapa gejala dari gangguan pencernaan adalah kembung, kentut (gas), kram perut, sakit pada perut, sensasi terbakar di perut bagian atas, rasa asam dan muntah.

Terdapat pula banyak pengobatan lain yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti dilansir laman Care2, Selasa (12/6).

1. Konsumsi makanan fermentasi

Dengan meningkatkan mikroba yang menguntungkan usus akan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mengambil nutrisi dari makanan.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa sebagian besar nutrisi yang Anda makan diekstrak dari makanan Anda di usus Anda.

Anda membutuhkan banyak mikroba bermanfaat yang membantu mencerna makanan yang Anda makan.

Pastikan makanan yang Anda pilih mengandung “budaya hidup” atau “tidak dipasteurisasi” pada label.

Pasteurisasi membunuh semua mikroba yang menguntungkan dalam makanan dan tidak akan membantu pencernaan Anda.

2. Suplemen dengan formula Enzim

Kebanyakan enzim pencernaan manusia mulai berkurang saat mereka semakin tua atau makan makanan yang membutuhkan enzim pencernaan dalam jumlah besar.

Untuk mengisi, ambil suplemen enzim yang mengandung protease untuk mencerna protein, lipase untuk mencerna lemak, amilase untuk mencerna karbohidrat dan selulase dan hemiselulase untuk mencerna serat.

Pastikan produk yang Anda pilih bebas dari organisme hasil rekayasa genetika (GMO).

3. Minum beberapa apple cider vinegar

Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel organik tanpa filter, yang tidak dipasteurisasi, hingga setengah cangkir air dan minum sekitar 10 menit sebelum makan.

Ini akan membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mencerna makanan. Hindari cuka sari apel jika Anda menderita sakit maag.

4. Makan makanan berserat

Berlawanan dengan kepercayaan populer, produk hewani sulit dicerna, membutuhkan lebih banyak asam dan enzim hidroklorik untuk memecah dan kekurangan air dan serat yang diperlukan untuk menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda.

Sebaliknya, makanan nabati mengandung banyak air dan serat dan ketika dimakan mentah (seperti buah dan sayuran mentah) mengandung semua enzim yang mereka butuhkan untuk mencerna diri.

4. Minum teh peppermint

Teh peppermint telah menjadi bantuan pencernaan yang populer selama bertahun-tahun, mungkin karena itu berhasil.

Teh ini membantu pencernaan dan membantu mengurangi mual dan gangguan pencernaan.

Tambahkan satu sendok teh daun pepermin per cangkir air matang dan biarkan mendidih selama setidaknya 10 menit.

Sebagai alternatif, gunakan kantong teh peppermint yang sudah dikemas dan biarkan curam setidaknya selama 10 menit. (fny/jpnn)