Ini Cara Sederhana Atasi Flu

0
599 views

Datangnya musim hujan biasanya diikuti juga dengan wabah penyakit flu dan pilek. Penyakit tersebut mudah sekali menular, terlebih bila Anda berada di lingkungan yang telah terjangkiti virus influenza.

Anda bisa mencegah flu dan pilek hanya dengan menguatkan sistem imun dengan cara alamiah, tanpa obat seperti tips berikut ini , seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (22/11).

1. Tidur setidaknya tujuh jam setiap malam

Orang-orang memiliki empat kali kemungkinan terkena flu jika mereka tidur kurang dari enam jam semalam dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari tujuh jam, sebuah penelitian baru menemukan.

2. Mengonsumsi satu suplemen probiotik per hari

Dalam penelitian terbaru yang diadakan oleh University of Florida, para siswa secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk terkena flu ketika mereka mengonsumsi suplemen probiotik (bakteri menguntungkan).

3. Jangan mengonsumsi antibiotik saat Anda batuk

Meskipun sebagian besar orang dewasa berharap batuk berlangsung sekitar satu minggu, tinjauan literatur menemukan bahwa kebanyakan batuk sebenarnya bertahan selama dua hingga tiga minggu atau rata-rata 17,8. Pada saat ini, antibiotik tidak membantu batuk, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Terlalu sering menggunakan antibiotik bisa mengakibatkan resistensi antibiotik, yang berarti obat tidak bekerja dengan baik.

4. Ambil obat antivirus untuk flu dalam waktu dua hari dari awal gejala untuk mempersingkat flu

Ada tiga resep obat yang disetujui FDA untuk mengobati flu dan mereka lebih efektif kalau Anda semakin cepat mengonsumsi mereka. Perlu diingat bahwa obat ini bukan penyembuh ajaib. Mereka membuat gejala lebih ringan.(fny/jpnn)