Ini Empat Kelurahan di Kota Cilegon yang Berpotensi Menjadi Desa Wisata

Desa Wisata

CILEGON – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cilegon saat ini sedang giat melakukan penyusunan dokumen penilaian yang akan menentukan potensi desa wisata di Kota Cilegon. Melalui pihak kedua, sasaran Disbudpar Cilegon dari kegiatan itu untuk melakukan pemetaan potensi desa atau kelurahan yang ada di Kota Cilegon yang akan dikembangkan menjadi desa atau kampung wisata, Kamis (2/6).

Pihak kedua penyusunan dokumen penilaian tersebut, Dandi memaparkan berdasarkan penilaian potensi desa wisata yang telah dilakukan, maka didapat kesimpulan bahwa terdapat empat kelurahan di Kota Cilegon yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata. “Empat kelurahan itu yaitu Kelurahan Cikerai, Kelurahan Lebak Gede atau Desa Cipala, Kelurahan Gerem, dan Kelurahan Rawa Arum,” ujarnya.

Dijelaskan Dandi, berdasarkan hasil analisis dan perumusan strategi yang telah dilakukannya, maka akan dapat dijadikan rumusan indikasi program pelaksanaan pengembangan desa wisata di Kota Cilegon.

“Mengembangkan strategi pasar, promosi dan branding, mengembangkan moda transportasi, penyusunan investasi desa wisata ramah lingkungan, dan pengembangan kapasitas SDM lokal menjadi SDM terampil,” katanya.

Lebih lanjut Dandi mengungkapkan, desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang ada.

“Penataan destinasi wisata mempunyai peranan penting dalam upaya meningkatkan kenyamanan wisatawan, yang berimbas langsung pada peningkatan lama tinggal wisatawan dan peningkatan kontribusi terhadap pendapatan dan pemberdayaan masyarakat setempat,” ucapnya. (Riko)