Ini Enam Tantangan Pemerintah di Tahun 2017

0
445 views
Wiranto.

MENTERI Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, setidaknya ada enam tantangan pemerintah di tahun 2017 ini.

Pertama menurut Wiranto adalah, adanya ancaman dari kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang berencana membangun sebuah markas di kawasan Asia Tenggara.

“Adanya kegiatan ISIS dan basisnya itu merupakan ancaman serius yang kita hadapi,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (3/1), seperti dilansir JawaPos.com.

Ancaman kedua, adalah terkait dengan pembalakan liar atau penebangan hutan ilegal, ketiga perdagangan manusia, keempat masalah narkoba, dan kelima adalah kebebasan media yang saat ini dalam perkembangan teknologinya sudah semakin canggih.

Menurut mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) media sosial saat ini tidak bisa dikontrol khususnya mengenai adanya informasi bohong atau hoax. Kerenanya hal itu termasuk tantangan pemerintah di tahun 2017 ini.

“Kalau tidak dikelola dengan baik akan menjadi ancaman bagi negeri,” katanya.

Terakhir, yang keenam adalah ancaman intoleransi. Di mana saat ini masyarakat seperti tidak menghargai adanya perbedaan. Sebagai contohnya di media sosial banyak sekali postingan yang berbau intoleransi.

Oleh sebab itu, pemerintah akan terus melakukan sosialiasai terhadap nilai-nilai luhur dari Pancasila dalam menghadapi masalah intoleransi itu.

“Ada langkah pemerintah untuk upaya memantapkan kembali Pancasila sebagai ideologi negara,” pungkasnya. (cr2/JPG)