Ini Harapan Mbak Puan untuk Para Perancang Busana

Puan Maharani
Menko PMK, Puan Maharani saat membuka Indonesia Fashion Week 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). (Foto: Kemenko PMK for JPNN.com)

JAKARTA Pameran busana Indonesia Fashion Week 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) resmi dimulai hari ini (10/3/2016). Pagelaran yang sudah menjadi agenda tahunan itu dibuka oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani.

Puan saat menyampaikan kata sambutan pada pembukaan Indonesia Fashion Week 2016 mengatakan, busana merupakan salah satu kekayaan dalam kebudayaan Indonesia. Selain itu, perancang busana atau designer diharapkan bisa memberikan sumbangsih mereka untuk memperkuat karakter kebudayaan nasional sekaligus memperkenalkan label asli Indonesia melalui fashion.

“Melalui ajang Indonesia Fashion Week 2016 ini juga dapat secara efektif digunakan untuk memperkenalkan label Indonesia melalui fesyen kepada publik agar mereka mengetahui perkembangan dan kreativitas anak bangsa yang tidak kalah dibandingkan dengan karya-karya internasional lainnya,” katanya.

Selain Puan, sejumlah pejabat tinggi negara lainnya juga hadir. Antara lain Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, serta Menteri Perindustrian Saleh Husen.

Puan menambahkan, pemerintah sangat berkomitmen untuk mengembangkan industri busana. Karenanya pemerintah juga telah membentuk Badan Ekonomi Kreatif.

Menurutnya, para perancang pun dituntut semakin kreatif. Terlebih, Indonesia telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga mau tidak mau harus berkompetisi dengan negara lain.

Puan menambahkan, Indonesia menjadi pasar terbesar di MEA. “MEA itu 40 persen pasarnya ada di Indonesia. Jadi kita harus bisa manfaatkan dengan feysen kita sendiri, sambil tentu harus bisa menguasai pasar di negara lain,” kata Puan yang dalam kesempatan itu tampil dengan baju terusan warna putih dan dipadukan bawahan batik.

Penampilan Puan itu sampai memikat Ketua DPD Irman Gusman yang secara terang-terangan memuji penampilan bekas ketua Fraksi PDIP DPR itu. “Menko PMK tampil anggun dengan batiknya hari ini,” kata Irman yang membuat Puan tersenyum. (ara/JPNN)