SERANG – DPP PDIP hingga saat ini belum memutuskan bakal calon wakil gubernur Banten, yang akan menjadi pasangan Rano Karno pada Pilgub Banten.

“Saat ini belum final dan kami masih menilai sana sini, mendengar sana sini. Partai harus cermat dalam menentukan pasangan yang sesuai. Kami harus hati-hati saat memutuskan calon wakil kepala daerah yang akan disandingkan dengan Rano Karno, ” jelas Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang usai rapat koordinasi dengan pengurus DPD PDIP Banten, Sabtu (20/8).

Bambang melanjutkan, pihaknya masih menelusuri beberapa nama yang sudah masuk ke DPP. “Nanti nama-nama tersebut akan kami lakukan evaluasi lagi dan dinilai lagi. Nama mana yang bisa berpotensi besar untuk menambah suara lebih banyak pada partai,” tuturnya.

Kriterianya, lanjut dia, partai menginginkan calon wakil kepala daerah yang bisa menambah suara partai di Banten. “Kami sudah sampaikan kepada Rano Karno untuk mencari pasangan yang dapat mendongkrak suara partai. Kami muga beri tugas untuk mencari partai tambahan untuk mengusung calo karena jumlah kursi partai di Banten kurang dua. Jadi Rano dan DPD selain mencari pasangan wakil, juga ditugaskan untuk membangun koalisi dengan partai lain agar PDIP di Banten semakin kuat,”ujarnya.

Dikatakan Bambang, pihaknya punya target akhir Agustus ini. Namun sebelumnya akan menggelar sekolah politik untuk para calon kepala dan wakil kepala daerah di seluruh Indonesia dari PDIP. “Nah setelah itu baru kami bisa merekomendasikan calon pasangan wakil kepala daerah untuk Rano,” ucapnya. (Ade F)