Ini Kronologi dan Identitas Korban Laka Kerja di Area PT Krakatau Posco

0
708 views
ilustrasi (foto: Istimewa)

CILEGON – Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Rahmatullah akhirnya mengungkapkan penyebab kecelakaan kerja di area PT Krakatau Posco (KP) yang telah merenggut seorang nyawa. Korban diketahui bernama Iskal Muntaqo (34), pekerja kontraktor di PT Royal Cilegon Abadi.

“Korban meninggal karena terjatuh dari atap. Dengan kronologi kejadian, 12 pekerja melakukan perbaikan atas Continous Casting Plant. Korban berada di posisi paling belakang.  Korban diduga terjatuh ketika menginjak colour sheet lama dekat tepi flat form dan yang bersangkutan tidak mengaitkan hook body harness pada tali pengaman yang tersedia,” ujar Rahmatullah, saat dihubungi Radar Banten Online melalui telepon selular, Jumat (6/1).

Dijelaskannya, ia bersama ketiga pengawas ketenagakerjaan lainnya telah melakukan pemeriksaan kecelakaan kerja di PT KP tersebut sesuai surat perintah tugas yang diberikan oleh Disnakertrans Banten pada Jumat pagi tadi.

“Kita meminta langkah perbaikan agar menyediakan pengawas khusus untuk memantau aktivitas pekerjaan yang sangat berbahaya. Penyebab kecelakaan kerja karena mengabaikan prosedur keselamatan walau sesaat ketika melakukan pekerjaan kritikal,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Raden Romdhon Natakusuma mengaku telah mengantongi identitas korban yang merupakan warga Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak. Selanjutnya Kepolisian akan memanggil pihak PT Royal Cilegon Abadi selaku perusahaan tempat kerja korban.

“Karena mau minum, (korban) melepas tali pengaman lalu jatuh dari ketinggian 30 meter dan diketahui meninggal dunia. Kita masih tahap penyelidikan, olah TKP dan memeriksa saksi-saksi. Pihak supervisor di PT itu akan kita undang untuk penyelidikan,” ungkapnya. (Riko)