Ini Manfaat Luar Biasa Teh Hijau untuk Tubuh

TEH hijau telah lama dikenal sebagai pengganti minuman seperti kopi, yang lebih sehat karena rendah kandungan kafein.

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan alami yang sangat kuat disebut dengan polifenol.

Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin.

Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan.

Teh hijau kini telah sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau.

Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki risiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker.

Berikut ini beberapa manfaat minum teh hijau untuk kesehatan, seperti dilansir laman Real Simple, Rabu (21/2).

Bagus untuk tulang Anda

Teh hijau bisa membantu memperlambat proses keropos tulang terkait usia dan mengurangi risiko patah tulang akibat osteoporosis.

Wanita yang minum tiga cangkir teh per hari memiliki risiko patah tulang pinggul terkait 30 persen lebih rendah.

Membantu mencegah kanker

Teh hijau tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas tingkat kanker yang rendah, teh tersebut mengandung bahan kimia EGCG, EGC, ECG dan EC yang dikenal dengan aktivitas antioksidannya.

Bahan kimia ini bisa membantu melindungi sel dari kerusakan DNA, salah satu langkah pertama dalam pertumbuhan sel kanker.

Plus, khasiat teh hijau bisa membantu melindungi kulit Anda dari sengatan sinar UV matahari, penyebab utama kanker kulit.

Membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat

Bahkan bisa mengurangi lemak tubuh, para peneliti menemukan dalam satu penelitian 12 minggu yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition.

Ekstrak teh hijau juga memiliki kekuatan untuk menurunkan obesitas dan penyakit terkait obesitas, seperti diabetes.

Menurunkan kolesterol Anda

Teh hijau telah dikaitkan dengan kadar LDL yang lebih rendah, kolesterol “buruk”, menurut sebuah makalah yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition.

Secara keseluruhan, peminum teh memiliki kadar LDL yang sedikit lebih rendah daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

Meningkatkan gusi sehat

Semakin banyak minum teh hijau, maka semakin sedikit gejala penyakit periodontal yang mereka tampilkan, sehingga minum teh hijau lebih dari satu cangkir sehari bisa memperbaiki kesehatan mulut Anda.

Bagus untuk jantung Anda

Minum teh hijau setiap hari bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurut Harvard Medical School.

Peminum teh reguler menunjukkan 26 persen lebih rendah risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke dalam sebuah penelitian di Jepang terhadap lebih dari 40.000 peserta.

Tapi partisipan ini mengonsumsi setidaknya lima cangkir teh hijau per hari, jadi minumlah teh hijau jika Anda menginginkan kesehatan jantung.

Memberi Anda dorongan energi.

Bahkan mereka yang mencoba mengurangi kafein bisa menuai manfaat energi teh hijau.

Karena satu cangkir teh hijau delapan ons mengandung 24 sampai 45 miligram kafein, dibandingkan dengan 95 sampai 200 miligram dalam secangkir kopi. (fny/jpnn)