Ini Manfaat Mengejutkan Mandi Malam

Ilustrasi (Pixabay)

Mungkin di antara Anda ada yang pernah dinasihati untuk tidak mandi malam hari karena buruk bagi kesehatan. Namun, hasil penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa mandi malam sangat baik untuk kualitas tidur.

Para ahli mengatakan, ada bukti bahwa mandi malam bisa membantu Anda tertidur nyenyak, jika dilakukan pada waktu yang tepat. “Trik utama adalah jangan terlambat, Anda tidak ingin suhu tubuh panas sebelum tidur,” kata peneliti dari Center for Sleep Medicine at NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center, Dr Dianne Augelli, seperti dilansir laman Health, Rabu (5/3).

Dijelaskannya, suhu tubuh memainkan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian yang memberi tahu tubuh Anda ketika merasakan kantuk. Pada siang hari, suhu tubuh secara alami naik sampai sore hari, dari sore hingga malam suhu tubuh mulai turun.

“Pendinginan adalah sinyal yang memberi tahu Anda bahwa sudah saatnya untuk tidur, sehingga mengganggu proses ini bisa membuat Anda lebih sulit untuk tertidur,” jelas Dr. Augelli.

“Mandi sore bahkan pada malam hari bisa memberikan tubuh Anda kesempatan untuk cooling down (mendinginkan) dan bahkan bisa memicu tidur,” kata Shelby Harris, Director of Behavioral Sleep Medicine at New York’s Montefiore Medical Center.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa memanaskan tubuh Anda dengan berendam bisa membantu menginduksi tidur. Asalkan Anda punya cukup waktu untuk mendinginkan tubuh sesudah mandi.

Atur waktu Anda sekitar satu setengah jam sebelum jam tidur. Dengan begitu, ketika berbaring tubuh Anda sudah kering, sejuk, dan siap untuk tidur. Selain itu, menurut National Sleep Foundation, mandi sebelum tidur bisa membantu membersihkan kulit Anda dan mengurangi jerawat, mencegah keriput, dan membantu pelembap bekerja lebih efektif. (jpnn/zee/ags/RB)