Jayabaya-Agus-Setiawan
Mulyadi Jayabaya (kiri) dan Agus Setiawan.

SERANG – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan dukungan pencalonan WH-Andika untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017 di hotel Ratu Bidakara, Minggu (21/8). Ada sejumlah peristiwa menarik selama pelaksanaan deklarasi tersebut, yang pada umumnya berkisar soal kehadiran Ketua DPW PPP Banten, Agus Setiawan.

Peristiwa menarik yang pertama adalah saat tokoh Banten H Mulyadi Jayabaya mendapat kesempatan berpidato yang kemudian mengajak Agus ke panggung. Berdampingan dengan Agus Setiawan di panggung utama, Mulyadi Jayabaya mengajak PPP Banten untuk ikut koalisi mendukung WH-Andika.

“Sudahlah, PPP ikut sama koalisis ini saja untuk bersama-sama membangun Banten,” kata Jayabaya yang disambut dengan tempuk tangan meriah dari ribuan hadirin. Sementara merespons itu, Agus Setiawan hanya mengangguk-ngangguk dan tersenyum.

Peristiwa menarik yang kedua adalah saat Calon Gubenur Banten Wahidin Halim terlihat begitu intens bercakap dengan Agus Setiawan selama acara. WH dan Agus yang duduk berdampingan terlihat beberapa kali terlibat pembicaraan serius dan saling berbisik di antara keramaian suasana deklarasi.

Tak sampai di situ, Wahidin Halim pun pada akhir pidato politinya secara bercanda bertanya pada floor apakah pasangan Wahidin-Andika sudah cocok, yang dijawab oleh seluruh hadirin dengan teriakan ‘cocok’.

“Terima kasih semua mengatakan cocok, termasuk Pak Agus Setiawan yang Saya lihat sambil mengangkat tangannya. Kami berharap itu sebagai signal bahwa PPP kemudian akan ikut ke koalisi ini,” kata WH.

Momen ketiga yang menarik adalah saat Presiden PKS Sohibul Iman menyampaikan pidatonya. Sohibul terdengar salah menyebut nama calon wagub sebagai Andika Hurmuziy yang seharusnya Andika Hazrumy.

“Maaf, Saya teringat nama belakang Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy. Saya dengan beliau memang dekat. Ya semoga ke depan kita semua sama-sama lah,” katanya.

Sejauh ini, respons Agus Setiawan memang hanya tersenyum saja. Usai acara, kepada wartawan, Agus menyatakan kehadirannya di deklarasi ini hanya sebatas penghormatan memenuhi undangan dari DPW PKS. “Kalau diundang ya Saya hadir,” katanya.

Mengenai sikap PPP dalam Pilgub Banten 2017, Agus menyatakan DPW PPP Banten sudah selesai melakukan penjaringan. “Hasilnya kami sudah serahkan ke DPP. Jadi kami harap minggu ini sudah ada kepastian,” kata Agus.

Agus juga mengatakan pihaknya tetap mencermati situasi dan perkembangan politik. “Kami senantiasa terus melaporkan ke DPP. Termasuk acara ini nanti akan kami laporkan kepada Ketua Umum PPP. Tapi kan kami tidak tahu DPP akan punya pertimbangan seperti apa,” jelas Agus.(ade/Supri)