Ini Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Cilegon Menurut Kadishub

0
783 views
Kadishub Kota Cilegon Dana Sujaksani.

CILEGON – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Dana Sujaksani mengungkapkan, Jalan Protokol Cilegon sudah tidak mampu lagi untuk menampung arus lalu lintas dari banyaknya jumlah kendaraan saat ini. Sehingga pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari kemacetan lalu lintas tidak dapat terelakan.

“Satu bulan penambahan kendaraan roda bermotor itu 600 ribu unit, itu data dari Samsat. Kendaraan roda empat tidak jauh dari itu. Makanya pagi macet, sore macet,” ujar Dana, usai menghadiri rapat evaluasi penataan dan penertiban Kota Cilegon di aula Kantor Bappeda, Rabu (4/1).

Dijelaskannya, selain banyaknya jumlah kendaraan, pemicu kemacetan lalu lintas yang terjadi di Kota Cilegon lantaran Cilegon belum memiliki fly over yang berada di atas perlintasan rel kereta. “Kita sudah mendesak terus ke PT. KAI, kita menunggu saja. Buat Cilegon ini sudah sangat mendesak, maka dibuatlah akses ke Selatan dari PCI tembus ke Tegal Cabe, yang di Temu Putih sudah crowded,” ungkapnya.

Dana mengaku telah mengerahkan petugas Dishub Cilegon sebanyak 60 personel setiap harinya guna membantu kelancaran arus lalu lintas. Namun demikian, Dana menjelaskan, jumlah personel tersebut masih belum memadai dengan jumlah luas jalan Raya di Kota Cilegon secara keseluruhan. “Ada sekitar 60 orang. Dibilang cukup tidak cukup. Idealnya itu satu hari ada tiga shift pagi, siang, dan malam. Dengan panjang jalan dari PCI ke Ciwandan. Idealnya 100 (orang),” ungkapnya. (Riko)