Kendaraan memasuki Pelabuhan Merak, Sabtu (2/7) malam.

CILEGON – Agar dapat terhindar dari kemacetan dan antrean panjang di Pelabuhan Merak, Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro mengimbau agar pemudik tidak memilih penyeberangan ke Pelabuhan Bahkauheni pada malam hari

“Kebanyakan para pemudik ini baru berangkat setelah waktu berbuka puasa. Jadi mereka sampai di Pelabuhan Merak saat sudah malam. Pada jam 12 malamnya ya terjadi penumpukan kendaraan dan penumpang,” ujar Danang saat meninjau Pelabuhan Merak, Sabtu (2/7/2016) malam.

Kepada calon penumpang, Danang berharap dapat menentukan pola keberangkatan mudiknya terlebih dahulu. Moda transportasi penyeberangan laut tidak sama seperti moda transportasi udara dan kereta api yang jadwal keberangkatannya sudah ditentukan.

“Kalau semua calon penumpang berangkat bersamaan kapasitas lahan tidak sesuai dengan jumlah kedatangan. Seperti air bah kalau semua tumpah ya tidak ada lahan yang bisa menampung,” ujarnya.

Meski begitu, kata Danang, hingga H-4 Idul Fitri ini kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak masih berjalan tertib dan lancar sekalipun terdapat antrean panjang di malam hari.

“Seluruh petugas seperti juga dari TNI, kepolisian dan lainnya sudah memberikan bantuan dengan pelayanan terbaik untuk kelancaran arus mudik di pelabuhan ini,” tuturnya. (Riko)