Ini Pesan Presiden Jokowi Untuk Polri di HUT Bhayangkara ke-71

0
1.029 views
Presiden Joko Widodo (Dok.JawaPos.com)

PADA peringatan HUT Bhayangkara ke-71, Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah pesan kepada Polri. Total ada lima instruksi yang disampaikannya di hadapan para pemimpin Polri dan sejumlah pejabat utamanya.

“Pertama, perbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan,” kata Jokowi di Silang Monas, Gambir, Jakarta, Senin (10/7), dilansir JawaPos.com.

Kedua, ia meminta Polri memantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, yang mandiri dan yang berkepribadian.

Instruksi ketiga adalah mengoptimalkan modernisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik. “Keempat, tingkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi profesional proaktif. Dengan demikian Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat,” imbuhnya.

Yang kelima, katanya, Polri diminta untuk meningkatkan kerja sama, koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat, serta kolega internasional sebagai implementasi kedekatan dan sinergi polisi guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Saya selaku kepala negara tetap komitmen untuk mendukung terbentuknya Polri yang kuat Polri yang handal, Polri yang profesional supaya tugas Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), menegakkan hukum, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal,” tegas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Terakhir, mantan Walikota Solo tersebut berharap agar Polri benar-benar dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. “Dirgahayu Kepolisian RI yang ke-71 terus tegaklah menjadi Rastra Sewakottama, Abdi Utama Nusa dan Bangsa,” tukasnya. (elf/JPG)