Ini Pesan Tjahyo Untuk Nata Irawan

0
479 views

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo hari ini melantik Nata Irawan Sebaga Penjabat Gubernur Banten di Gedung Sasana Bhakti Kementrian Dalam Negeri, Senin (30/1). Dalam sambutannya, Tjahyo memberikan sejumlah catatan untuk pria yang menjabat sebagai Dirjen Bina Pemerintahan Desa di Kemendagri tersebut.

Pertama, Tjahyo meminta kepada Nata untuk bisa menjalankan pemerintahan, dan membangun tata kelola hubungan pemerintahan pusat dan daerah dalam penguatan otonomi daerah.

“Di pemerintah daerah pimpinan tidak hanya gubernur atau pejabat di lingkingan pemerintah saja, namun ada kepolisian, panglima atau komandan Korem, Kejaksaan, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Koordinasi dengan unsur-unsur pimpinan itu dalam setiap pengambilan kebijakan,” ujar Tjahyo.

Selanjutnya, Tjahyo pun meminta agar Nata bisa mensukseksan penyelengagaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten tahun ini. “Lebih khusus lagi kami tegaskan, tugas bersama adalah mensukseskan pilkada serentak. Pilkada serentak ini sukses kalau mampu mengorganisir masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemilihan kepala daerah,” ungkapnya.

Tjahyo melanjutkan, kemudian pilkada dikatakan sukses jika tidak ada politik uang dalam pilkada tersebut. “Ketiga, jaga netralitas PNS untuk tidak memihak, tidak kampanye, dan tidak menggunakan fasilitas negara untuk kemenangan kampanye sehingga pilkada bisa berjalan dengan demokratis, aman,” katanya.

Pemerintah pusat, lanjut Nata menargetkan agar partisipasi pemilih mencapai 77 persen. Tjahyo yakin Banten bisa mencapai target tersebut. (Bayu)