MAKANAN berbau tajam, seperti bawang putih bisa menyebabkan bau mulut yang menyengat akibat kandungan sulfur pada bawang cukup tinggi.

Selain itu, salah satu senyawa dalam bawang putih yang dikenal dengan nama allyl sulfida metil (AMS), tidak bisa dipecah selama proses pencernaan, sehingga menyebabkan senyawa ini akan dibebaskan dari tubuh dalam napas dan keringat.

Namun kini peneliti dari Amerika telah menemukan satu buah yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dari bawang ini.

Peneliti mengatakan bahwa apel ternyata bisa membantu menghilangkan efek samping akibat mengkonsumsi bawang putih.

“Kandungan enzim yang terdapat di dalam apel yang disebut polifenol mampu memecah senyawa dalam bawang putih, sehingga mampu mengurangi efek tidak sedap dari bawang putih tersebut,” kata peneliti Profesor Sherryl Barringer, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (24/6).

Penelitian dari Profesor Barringer sebelumnya telah menemukan bahwa susu juga dapat secara signifikan mengurangi bau tidak sedap akibat bawang putih.

“Segelas kecil susu, lebih baik jika anda mengkonsumsi susu penuh lemak dapat mengurangi bau tidak sedap bawang putih pada nafas sebesar 50 persen,” pungkasnya.(fny/jpnn)