Ini Tiga Cara Pencegahan Kolesterol Sejak Dini

BAGI Anda yang memiliki kolesterol tentunya harus waspada dan menjaga pola makan serta gaya hidup.

Meski dampak kolesterol tinggi sangat mengerikan bagi kesehatan, berita baiknya adalah kolesterol tinggi bisa dicegah dan dideteksi sejak dini.

Ada tiga hal utama yang sangat berperan untuk mencegah kolesterol tinggi, yaitu:

1. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/ LDL) dalam darah.

2. Melakukan olahraga ritmik (seperti jogging, bersepeda, berenang secara rutin. Lakukan setidaknya empat kali seminggu, dengan durasi 30 menit di setiap sesinya). Olahraga yang teratur membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Hindari paparan asap rokok. Hal ini bukan hanya berarti dilarang merokok, tetapi juga dilarang berada dalam lingkungan yang penuh asap rokok. Hal ini penting untuk diperhatikan karena terkena paparan asap rokok akan menurunkan kadar kolesterol baik.

Lalu untuk mendeteksi dini, American Heart Association menyarankan, bila seseorang sudah berusia 20 tahun atau lebih, sebaiknya memeriksakan profil kolesterol darahnya setiap tahun.

Jadi kolesterol tinggi berbahaya sekali, bukan? Yuk lakukan pemeriksaan kolesterol, dan jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang optimal. Sehingga, Anda pun terbebas dari penyakit stroke dan jantung.(NP/RVS/klikdokter)