Stasiun Rangkasbitung.

SERANG – Ada tiga jalur kereta api di Provinsi Banten yang akan diaktifkan lagi oleh pemerintah pusat, yaitu Rangkasbitung-Labuan, Cilegon-Labuan, dan Saketi-Malingping.

“Dipertemukan tadi dengan Kemenhub dibahas reaktivasi jalur kereta api yang tiga itu. Itu harus kembali dikaji. Kan sudah ada masyarakat yang membangun rumah atas rel kereta,” kata Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten Revri Aroes di pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (16/2/2016).

Kendala itu, lanjut dia, Kemenhub menyerahkan kepada pemerintah daerah. Pemprov sementara ini masih menunggu bentuk sosialisasi yang akan dilakukan Kemenhub. “Rencana sudah mengarah pada penertiban, namun menunggu koordinasi dari pusat dulu. Secepatnya akan dilakukan,” kata Revri.

Saat pertemuan dengan Gubernur Banten Rano Karno, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Kementerian Perhubungan Umiatun Hayati Triastuti mengatakan, reaktivasi jalur kereta api sudah menjadi program pemerintah pusat. Programnya sudah berjalan tahun ini. “Ya, reaktivasi beberapa jalur kereta api di Banten sudah menjadi program. Tahun ini sudah mulai. Nanti ditargetkan Juni. Jika Stasiun Maja (Kabupaten Lebak) sudah selesai, Pak Menteri akan meresmikan dengan Pak Gubernur,” katanya.

Terkait kondisi rel kereta yang hilang dan lahan jadi permukiman warga, menurut Hayati, hal tersebut menjadi perhatian pemerintah daerah. “Itu butuh bantuan pemerintah daerah dan masyarakat. Komunikasikan dengan baik,” ujarnya. (Bayu)