Ini Titik Rawan dan Modus Kejahatan di Pelabuhan Merak

MERAK – Bagi pemudik yang melalui Pelabuhan Merak harus tetap waspada dan hati-hati dari ancaman kejahat. Titik rawan kejahatan yang sering terjadi di Pelabuhan Merak yakni di dermaga tiga, dermaga satu, dermaga dua, gangway masuk dermaga dua, pintu masuk dari stasiun kereta, dan gangway menuju kapal.

“Sering kita dapat laporan kehilangan dari para penumpang pada hari biasa di lokasi-lokasi tersebut. Moment mudik lebaran banyak dimanfaatkanya untuk mencari kesempatan karena para pemudik sudah kelelahan perjalanan jauh,” ujar AKP Kamarul, Kapolsek Keamanan Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak saat ditemui di Pelabuhan Merak, Kamis (17/7/14).

Dijelaskan, modus kejahatan yang sering terjadi di Pelabuhan Merak adalah copet dengan berpura-pura menjadi pemudik. Ketika melihat pemudik tertidur, pelaku langsung menggasak barang milik korban. “Bahkan kantong para pemudik disilet untuk bisa mengambil dompet para pemudik saat tertidur nyenyak,” jelasnya.

Untuk jam operasi para pencopet, lanjut Kamarul, biasanya sekitar pukul 02.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB karena saat itu para pemudik tertidur lelap. “jadi pada jam segitu saya imbau para pemudik harus waspada dan berhati-hati,” lanjut.

Di tempat yang sama, Iptu Gusti, Kanit Reskrim KSKP Merak mengatakan, di titik rawan kejahatan tersebut akan ditempatkan anggota reskrim bersenjata lengakap, dan anggota tersebut akan melakukan patroli.(Sefrinal)