Ini yang Membuat Wanita Menua Lebih Cepat

SEORANG ibu kerap merasa super kelelahan karena tubuhnya tidak merasakan hal yang sama lagi setelah melahirkan.

Bahkan, memiliki anak bisa menghilangkan DNA seorang ibu jauh lebih cepat daripada merokok atau mengonsumsi lemak, klaim sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction.

“Para peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan empat setengah jam (merokok) dan delapan tahun (kenaikan lemak) dalam penuaan seluler,” kata penulis utama studi dan asisten profesor di departemen Kesehatan, Anna Pollack, seperti dilansir laman India Times.

“Dalam penelitian, kami menemukan hal tersebut bahkan lebih kuat untuk wanita yang memiliki anak,” tambah Pollack.

Periset di George Mason University, di Virginia ini mulai memeriksa telomere di DNA peserta studi.

Telomeres adalah bagian penting dari DNA, yang bertindak sebagai penutup akhir setiap helai DNA, yang melindungi mereka dari kerusakan.

Semakin pendek telomere Anda, maka akan semakin tinggi pula risiko kematian.

Mereka juga menemukan bahwa wanita yang memiliki anak memiliki telomere 4,2 persen lebih pendek daripada wanita yang tidak memiliki anak.

“Kami tahu bahwa telomere bisa memperpanjang usia Anda pada tingkat sel, tapi itu tidak berarti bahwa Anda akan terlihat lebih tua,” jelas Pollack.

“Kami terkejut menemukan hasil yang begitu mengejutkan. Kami menemukan bahwa wanita yang memiliki lima atau lebih anak memiliki telomere yang lebih pendek,” tambah Pollack.

Sebenarnya, perubahan panjang telomere juga terkait dengan diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, kanker dan bahkan kematian.

Sayangnya, penuaan ini hanyalah faktor lain di antara kebanyakan elemen lain yang harus ditangani seorang ibu. (fny/jpnn)