Inilah 14 SKPD yang Serapan Anggarannya Rendah!

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Sebanyak 14 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Banten mendapatkan rapor merah karena serapan anggarannya dianggap rendah. Hal tersebut terungkap setelah rapat evaluasi triwulan IV yang dilakukan hari ini di Pendopo Gubernur Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Dari data yang diperoleh dari Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan (Ekbang) Provinsi Banten, ke-14 SKPD tersebut di antaranya ; Dinas Pertanian dan Perternakan dengan realisasi sebesar 86,71 persen, Badan Kepegawaian Daerah sebesar 86,55 persen, Biro Pemerintahan sebesar 85,64 persen, Kantor Penghubung sebesar 85 persen.

Baca Juga : 14 SKPD Dapat Rapor Merah, Rano : Semua Akan Ditinjau!

Lalu Dishubkominfo sebesar 84,81 persen, Dinas Kelautan dan Perikanan sebesar 83,84 persen, Sekretariat DPRD sebesar 83,50 persen, Badan Lingkungan Hidup Daerah sebesar 81,62 persen, RSUD Banten sebesar 80,32 persen, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang sebesar 80 persen, Biro Perlengkapan dan Aset sebesar 74 persen, DSDAP sebesar 67,91 persen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah 65 persen dan urutan paling buncit yaitu Dinas Pendidikan sebesar 61,47 persen.

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Biro Ekbang Provinsi Banten, E Kusmayadi mengatakan, serapan saat ini masih bisa berubah, karena masa penyerapan anggaran masih bisa dilakukan oleh SKPD hingga besok. “Data yang dibahas saat rapat evaluasi hari ini data per 23 Desember 2015. Data terakhir akan kita umumkan pada 5 Januari 2016,” kata Kusmayadi.

Menurutnya, perubahan bisa terjadi misalnya di Dinas Pendidikan, dari keterangan Kepala Dinas Pendidikan, hari ini Dindik melakukan pencairan dan kemungkinan penyerapan dinas tersebut telah mencapai 87 persen. “Pak Gubernur pun memperkirakan penyerapan anggaran bisa mencapai 90 persen, masih bisa berubah jumlah penyerapan anggarannya,” pungkasnya. (Bayu)