Syamsir

SERANG – Ada 22 aparatur sipil negara (ASN) yang saat ini sedang mengincar kursi jabatan kepala  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten. Seluruh ASN tersebut telah melewati tahapan seleksi administrasi, yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Jabatan.

Mereka adalah Chalik Lubis, A. Nurcahya, Adolfina Nopelis Katemba, Agung Supriyadi, Ai Dewi Suzana, Alhamidi, Deden Indrawan, Doddy Setia Graha, Juhriyadi, Agus Setiawan Aris Wahyudi, Moch Poppy Nopriadi, Nurmutaqin, Muhammad Irham, Nana Sukmana Kusuma, Nirman, Rikrik Hermawan, Rudiansyah Thoib, Sunardi, Didi Suriardi, Toton Suriawinata, Tri Nurtopo, dan Ubaidillah

Saat ini, seluruh ASN tersebut hari mengikuti tahapan seleksi wawancara awal yang digelar secara tertutup, sebelum mengikuti asesmen di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Tes wawancara awal dilakukan oleh anggota Pansel, di antaranya Sekda Banten Ranta Soeharta, Kepala BKD Provinsi Banten Syamsir, akademisi IAIN Prof Syibli Syarjaya, Rektor Untirta Prof Sholeh Hidayat, dan Asmudji (mantan Plt Sekda Banten).

Kepala BKD Provinsi Banten Syamsir mengatakan, tahap wawancara awal ini  dilakukan karena jumlah peserta yang lolos tahap seleksi administrasi lebih dari 10 orang, sehingga harus disaring kembali sebelum mengikuti tahapan selanjutnya.

“Nanti hasil saringan akan mengikuti asesmen di Bandung. Setelah itu pemeriksa kesehatan di RSUD Banten. Tahap terakhir wawancara,” papar Syamsir, Kamis (14/7).
Setelah seluruh tahapan selesai, menurut Syamsir, seluruh nilai dari setiap tahapan akan diakumulasi. Selanjutnya dipilih tiga besar untuk diajukan kepada Gubernur Banten Rano Karno. “Tiga besar itu nanti terserah Gubernur memilih siapa yang akan menjadi kepala Disnakertrans. Bisa saja yang urutan ketiga yang jadi. Semua tahapan diperkirakan selesai akhir bulan ini. Diupayakan pejabat baru pada Agustus,” kata Syamsir. (Bayu)