Inilah Herbal yang Bisa Atasi Diabetes

0
599 views
Blue Berry. FOTO: Laman MSN

DIABETES atau kencing manis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Untuk mengobatinya Anda bisa menggunakan herbal diabetes yang bisa membantu mengurangi dan menyembuhkan penyakit tersebut.

Tanaman/herbal tradisional merupakan salah satu cara yang manjur untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal.

Berikut ini beberapa herbal yang bisa atasi diabetes, seperti dilansir laman MSN, Minggu (29/1).

1. Basil

Basil mengandung flavonoid yang bisa menurunkan gula darah.

2. Bilberry

Bilberry lebih unggul dari blueberry karena mereka memiliki warna biru. Dan warna biru ini mengandung anthocyanin, antioksidan sehat yang memerangi diabetes, memperkuat jantung, peradangan lebih rendah serta penurunan lemak darah.

Sebuah studi yang dilakukan di Institute of Public Health dan Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi rutin bilberry segar (400 gram sehari) mengurangi penanda peradangan dan toleransi glukosa membaik pada orang dengan fitur sindrom metabolik.

3. Chamomile

Chamomile menurunkan gula darah dan mencegah komplikasi diabetes.

4. Cinnamon

Kayu manis menurunkan gula darah, menurut beberapa penelitian. Kayu manis mengandung phytonutrients yang mengurangi peradangan dan bisa membantu dalam penurunan berat badan dengan menurunkan kolesterol dan mempercepat metabolisme Anda.

5. Jinten

Cyminum Cuminum adalah rempah-rempah dalam keluarga peterseli. Jinten menurunkan gula darah dan kolesterol. Cumin juga memiliki efek yang baik pada produk akhir glikasi lanjut (AGEs) yang sangat merugikan pada penderita diabetes.

6. Dandelion

Dandelion merestocks tubuh Anda dengan agen pahit yang diperlukan, menurunkan tekanan darah Anda dan menyembuhkan hati Anda.

Seperti jelatang, dandelion meningkatkan aliran kemih dan dengan demikian, mendukung tindakan pembersihan ringan. Dan dandelion dikatakan mampu membantu penurunan berat badan.

7. Dill

Dill kini sedang diselidiki sebagai agen terhadap diabetes karena dill mengandung 70 bahan kimia yang membantu melawan diabetes.

8. Bawang putih

Bawang putih baik untuk jantung Anda dan melindungi Anda dari kanker, seperti halnya bawang merah dan daun bawang yang berada dalam keluarga tanaman yang sama.

Bawang putih menurunkan gula darah dan lipid, serta C-reaktif protein, tanda peradangan. (fny/jpnn)