Penjualan mobil tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) selama 2014 di Indonesia masih cukup tinggi. Menurut data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan mobil jenis MPV, masih tetap jauh di atas tipe sedan dan city car.

Data Gaikindo menyebutkan penjualan MPV di Indonesia menembus angka 426.384 unit, nyaris mendekati separuh angka total penjualan seluruh unit mobil di Indonesia yang 1.129.546 unit sepanjang 2014.

Sementara pada periode yang sama, angka penjualan jenis city car atau LCGC hanya mencapai 201.831 unit.

Berikut ini daftar MPV terlaris di Indonesia yang dikutip dari situs autocarindonesia.com :

Toyota Avanza
toyota_avanza.jpg
Ini MPV yang masih tetap memikat walau sudah mengaspal di Indonesia selama 10 tahun. Kombinasi rupa baru, interior dengan kualitas prima, dan jaringan purna jual yang unggul di Indonesia, membuat Avanz masih lebih unggul dari kompetitornya.

Segmen Low MPV ini, Toyota Avanza keluar sebagai jawara dengan angka serapan konsumen sebanyak 149.662 unit.

Honda_mobilio.jpg
Dengan angka penjualan yang mencapai angka 65.716 unit, Honda Mobilio terlihat semakin menyaingi hegemoni Toyota Avanza di kelas Low MPV ini.

Keputusan Honda untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Honda Mobilio adalah tepat. Pasalnya, fakta tersebut menjadikan Honda Mobilio sesuai selera masyarakat Indonesia yang membutuhkan MPV tujuh tempat duduk dengan ground clearance sesuai dengan kontur dan kondisi jalan di Indonesia.


Daihatsu Xenia

Daihatsu_Xenia.jpg
Kembaran Avanza ini mengalami tahun yang berat di 2014. Hanya mampu membukukan angka 44.548 unit sebagai angka penjualan 2014, laju Daihatsu Xenia sepertinya terhadang Honda Mobilio.

Bagaimana strategi Daihastu Xenia menghadapi 2015? sepertinya akan ada penyegaran di sektor eksterior dan interior guna meningkatkan daya tarik.

Suzuki Ertiga

suzuki_ertiga.jpg
Sempat menjadi lawan sengit Toyota Avanza, dan bahkan sempat mengalahkan Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga memang masih tetap memikat. Sayangnya tahun ini memang juga bukan tahun yang terlalu baik buat jagoan Suzuki ini.

Angka penjualan 44.524 unit sepertinya memang masih merupakan potensi besar buat menyaingi Daihatsu Xenia.

Suzuki APV
suzuki_APV.jpg
Veteran LMPV ini memang tetap bertahan dari gempuran model-model terbaru.APV tetap berjuang untuk memperbaharui tampilan APV agar terus menarik, sehingga angka 10.162 unit pun terbukukan sebagai hasil yang tidak terlalu mengecewakan.

Mobil lainnya seperti Chevrolet Spin yang membukukan penjualan sebanyak 7.100 unit, menguntit APV di nomor enam. Lalu ada Daihatsu Luxio yang membukukan penjualan sebanyak 3.990 unit, menyusul di nomor tujuh, kemudian Nissan Evalia memposisikan diri di nomor delapan dengan membukukan penjualan sebanyak 2.929 unit.

Yang paling buncit adalah Mazda XV-1 yang hanya sanggup menarik 771 pembeli sepanjang 2014. (*/widi)***