Inilah Persiapan Esports Tournament Sambut HUT Banten

SERANG – Jelang HUT ke-19 Provinsi Banten pada 4 Oktober mendatang, Esports Tournament 2019 Piala Wagub Banten Andika Hazrumy siap memanjakan gamers di Provinsi Banten untuk menjadi atlet esports profesional.

Olahraga elektronik (esport) kini sedang berkembang pesat di Indonesia, termasuk di Banten. Terbukti Esports Tournament 2019 perdana yang akan digelar di Kota Serang, lebih dari 500 tim yang sudah mendaftar ke panitia Esports Tournament 2019 Piala Wagub Banten Andika Hazrumy.

Panitia yang didominasi kalangan milenial meninjau venue di Gedung Plaza Aspirasi, KP3B, Kota Serang, Kamis (19/9). Mereka melakukan persiapan awal di Plaza Aspirasi. Dipimpin oleh Dewan Pengarah Asep Mulya Hidayat (Sekretaris Dinas Pertanian Banten), rombongan panitia langsung mengecek venue pertandingan.

Esports tournament yang akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (28-29/9) mempertandingkan game Mobil Legends, PUBG, PES, dan FF.

Menurut Ketua Panitia Esports Tournament 2019, Sandi, satu pekan jelang pelaksanaan turnamen olahraga elektronik tingkat Provinsi Banten, persiapannya sudah mencapai 70 persen.

“Hari ini kita cek venue, sehingga pekan depan semua peralatan yang dibutuhkan sudah bisa disiapkan,” katanya.

Sandi menambahkan, pesertanya mencapai 747 orang. Hingga hari ini, pendaftar cabang pertandingan PES sudah ditutup karena sudah mencapai 168 slot. Sementara cabang ML, PUBG dan FF masih dibuka karena slot yang disediakan masih ada sekira 20 persen.

Selama ini, lanjut Sandi, esports tournament di tingkat kabupaten/kota sudah rutin digelar. Makanya jelang HUT Banten ke-19, digelar esports tournament tingkat provinsi.

“Alhamdulillah Pak Wakil Gubernur Banten mendukung kegiatan ini. Semoga ke depan, Provinsi Banten bisa membentuk tim esports provinsi yang bisa berprestasi di level nasional,” ungkapnya.

Asep Mulya Hidayat meminta para peserta turnamen untuk mempersiapkan diri, karena pertandingan dilaksanakan selama dua hari. “Esports di Banten berkembang pesat. Turnamen ini menjadi wadah seleksi bagi peserta berbakat untuk mewakili tim esports Banten ke depan,” katanya.

Berdasarkan laporan dari panitia, peserta yang sudah mendaftar tidak hanya berasal dari delapan kabupaten/kota di Banten, tapi juga berasal dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Lampung.

“Ini rangkaian kegiatan menyambut HUT Banten, tapi antusiasme peserta sangat tinggi hingga dari luar Banten,” jelas pria yang akrab disapa Haji Roker ini. (Deni S)