Inilah Tiga Film Terbaik di Festival Film Banten 2017

SERANG – Malam Puncak Festival Film Banten (FFB) 2017 telah menentukan pemenang Film Terbaik dari masing-masing kategori oleh tim juri yang menilai secara terbuka. Sembilan film nominasi itu ditonton oleh ratusan undangan yang antusias datang pada acara tersebut di The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Rabu (30/8) malam.

Adapun pemenang Festival Film Banten 2017 yang didukung Kemendikbud RI ini yakni; Kategori Pelajar dengan judul Indonesia Kelak dari Serang, Banten; Kategori Mahasiswa dengan judul Waeyo dari Tangerang, Banten; dan Kategori Umum dengan judul Khotbitsun dari Magelang, Jawa Tengah.

“Dewan juri memilih Waeyo, Khobitsun dan Indonesia Kelak, tentu diihat dari penilaian mereka yang lebih besar dari film lain. Penilaian juga dilihat pada cerita, sinematografi dan editing,” kata Ketua Pelaksana Festival Film Banten 2017 Darwin Mahesa saat ditemui Radar Banten Online di ruang studio Kremov Pictures, Kamis (31/8).

Lanjut Darwin, pemenang diberikan apresiasi berupa piagam penghargaan, plakat dan uang pembinaan.

Kata Darwin yang tengah disibukan dengan film Tirtayasa – The Sultan Of Banten ini, adanya FFB ini sebagai wadah menumbuhkan geliat sineas muda baik Banten ataupun di Indonesia. Ia melihat semakin menjamurnya para pecinta film, hal ini terlihat dari banyaknya film yang masuk pada ajang FFB 2017 ini.

Pria yang pernah menimba ilmu perfilman di New Zealand ini berharap ke depan selalu ada Festival Film Banten setiap tahunnya, agar Banten aktif melakukan kegiatan perfilman. Ia pun menginginkan FFB tahun berikutnya dapat lebih baik lagi dari sebelumnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)