Innalilahi, Sultan Muda Banten Tb Ismetullah Al-Abbas Meninggal Dunia

Almarhum Tb Ismetullah Al-Abbas (kanan) bersama Gubernur Banten dan Presiden RI
Almarhum Tb Ismetullah Al-Abbas (kanan) bersama Gubernur Banten dan Presiden RI
SERANG – Tokoh masyarakat sekaligus ahli waris Kasultanan Banten (kenadziran) ke XII Tb Ismetullah Al-Abbas dikabarkan meninggal dunia, Kamis (3/3/2016) malam sekitar pukul 19.30 di Rumah Sakit Omni Tangerang. Pria yang juga mantan Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Banten ini, rencananya dikebumikan Jumat pagi.
 
KH Tb Fathul Adzim selaku kerabat membenarkan kabar meninggalnya pria yang akrab disapa Ismet itu. “Benar. Sekitar sejam lalu. Sekarang sedang dalam perjalanan dari RS Omni ke kediaman,” katanya.
 
Nama Drs Tb Ismetullah Al-Abbas sendiri sangat identik dengan salah satu peninggalan sejarah terbesar sekaligus kebanggaan warga Banten, yakni Banten Lama. Selain itu, alumnus Fakultas Ilmu Politik Universitas Nasional ini juga aktif sebagai Ketua Yayasan Sultan Maulana Hasanuddin Banten hingga Anggota Tim Perumus Bahasa Jawa Banten.
 
Tubagus Ismetullah Al-abbas adalah keturunan langsung Sultan Hasanudin dari sultan ke IV Abdul Mufakhir Mahmdud Abdul Kadir. Kasultanan Cirebon telah mendaulatnya menjadi Sultan Muda yang secara budaya berhak mewakili kasultanan Banten dalam setiap pertemuan kerajaan-kerajaan nusantara. (Aneu)