Interchange Cikande untuk Tingkatkan Daya Saing Investasi

Interchange di Desa Julang, Kecamatan Cikande, yang belum rampung. Foto: Dok. Radar Banten

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan, Pemkab Serang menganggarkan dan membangun jalan simpang susun atau interchange di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, merupakan upaya membantu aktivitas pengusaha dan meningkatkan daya saing investasi.

“Proyek tersebut kami upayakan untuk menarik investor ke kawasan industri, karena beberapa bulan terakhir investasi di Kabupaten Serang kurang daya tarik dikarenakan persoalan kemacetan yang sering terjadi di kawasan industri,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Senin (3/3).

Ia memastikan bahwa proyek pembangunan simpang susun itu tersebut tidak akan terselesaikan 100 persen jika tidak mendapatkan dukungan dari pihak yang lain. “Tidak akan selesai 100 persen karena di sana juga ada jalan negara yang kewenangannya dari pemeritan pusat, yang kami rasa sudah hampir overload,” ujarnya

Ia menjelaskan, akses ke interchange ada jalan milik kabupaten, provinsi, dan negara. “Jadi bukan kewenangan kami semua. Provinsi dan pemerintah pusat juga harus turun tangan,” katanya.

Pembangunan interchange di Desa Julang, Kecamatan Cikande hingga kini belum rampung. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang memastikan pekerjaan yang dibuat untuk mengurai kemacetan daerah Serang Timur itu, selesai pada Mei 2017.

Kepala Bidang Bina Marga pada DPUPR Kabupaten Serang Jatnika mengatakan, pembangunan yang sudah dimulai sejak 2014 ini tahap penyelesaian tinggal 10 persen lagi. “Masih dalam tahap proses penyelesaian,” katanya pada Januari lalu.

Ia mengatakan, pembangunan harus segera diselesaikan Mei 2017 agar dapat segera digunakan. “Sekarang pekerjaannya oleh PT Widya Tehnikal, kita sudah kontrak sampai Mei,” jelasnya.

Dikatakannya, pembangunan interchange menghabiskan dana sekira Rp56 Miliar. “Dari anggaran segitu, tambahan lain donasi dari perusahaan di kawasan sekitar Cikande,” tuturnya. (Wirda Garizahaq / risawirda@gmail.com