Investasi di Banten Masih Didominasi Penanaman Modal Asing

0
332
Babar Suharso
Babar Suharso

SERANG – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten  Babar Suharso mengatakan, perkembangan investasi tahun ini di Provinsi Banten masih diominasi oleh penanaman modal asing (PMA) sekira 60 – 70 persen. Sisanya penanaman modal dalam negeri (PMDN).

“Dari data tahun ini hingga September sudah mencapai Rp 42,5 triliun. Angka tersebut naik sebelum akhir tahun karena tahun 2015 lalu pada bulan Desember mencapai Rp45,4 triliun. Jadi untuk tahun ini sisa target tinggal Rp7 triliun lagi,” katanya

Secara nasional, lanjut dia, pertumbuhan PMA dan PMDN di Banten sudah mencapai Rp 4,2 triliun dengan 90 proyek. Proyek tersebut di antaranya dari sektor properti, industri,  dan lainnya.

Daerah tujuan investasi di Banten, lanjut Babar, masih terfokus ke wilayah Banten Utara, seperti di Kabupaten Tangerang. Namun tidak menutup kemungkinan dengan dibukanya Tol Serang-Panimbang akan menambah jumlah investor yang masuk ke wilayah Banten Selatan, khususnya di bidang properti.

“Kabupaten Tangerang masih menjadi wilayah yang menyumbang terbesar, baik PMA maupun PMDN. Menurut data nasional, jumlah PMDN Banten merupakan tertinggi keempat secara nasional setelah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. PMA di Banten merupakan tertinggi ketiga setelah Jakarta. Mayoritas para pelaku usaha di bidang industri,” ujarnya. (Wirda)