IPAL Komunal Bakal Dibangun di Cimayang

WARINGINKURUNG – Ketua RW 02, Kampung Cimayang, Apipi menyatakan, pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di kampungnya telah diagendakan Pemerintah Desa Kemuning, Kecamatan Waringinkurung. Proyek yang masih tahap perencanaan itu dijadikan persiapan Cimayang menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu, diakui Apipi, sejalan dengan rencana pembangunan IPAL komunal. Perlombaan itu juga diharapkan bisa mengubah kebiasaan buruk warga Cimayang ketika berhajat. Apipi mengakui, warganya masih menggunakan kebun di perkampungan mereka ketika buang air besar. Warga masih banyak yang belum punya jamban.

“Pembangunan IPAL ini, ditambah dengan lomba, diharapkan bisa mengubah kebiasaan warga yang masih melakukan dolbon (modol di kebun-red),” katanya.

Apipi menambahkan, pembangunan jalan gang di Cimayang menggunakan paving block juga direncanakan. Proyek itu untuk menata jalan lingkungan.

Kepala Desa Kemuning Hasanudin menjelaskan, pemilihan Cimayang untuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman karena perkampungan tersebut paling luas di Kemuning. Juga, Cimayang pernah menjadi juara harapan perlombaan yang sama di tingkat Kecamatan Waringinkurung.

Sebelum mengikuti Lomba Kampung Bersih tingkat kecamatan, sebut Hasanudin, banyak sampah berserakan di lingkungan Cimayang. Namun, sekarang, sampah-sampah semakin berkurang. Warga mulai disiplin menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Hingga kini, kami selaku pihak desa, terus melakukan pembinaan dan pemantauan agar warga bisa konsisten menjaga kebersihan lingkungannya,” ujar Hasanudin. (rio/ang/don/ira)