IREKA Bangun Pos Ronda Pemuda di RW 03 Kepuh Dua

0
352 views

ANYAR – Pos ronda untuk pemuda. Bangunan sebagai pusat kegiatan warga menjaga keamanan lingkungan ini dibangun oleh Ikatan Remaja Kepuh Anyar (IREKA). Kelompok pemuda di RW 03, Kampung Kepuh Dua, Desa/Kecamatan Anyar, itu menyatakan kesiapannya membantu warga untuk berkompetisi pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Sabtu (19/9) malam, anggota IREKA begadang membangun pos ronda. Mereka bahu-membahu mewujudkan rencananya itu. Pos ronda untuk pemuda ini dibangun menggunakan dana swadaya warga.

Menurut Sekretaris IREKA Taufik Hidayatullah, pembangunan pos ronda untuk pemuda itu wujud antusiasme pemuda dan warga RW 03 atas LKBA 2020.  ”Untuk tahap awal, kita bangun pos ronda dulu,” kata lelaki yang akrab disapa Opik ini kepada Radar Banten.

Pembangunan pos ronda pemuda itu, jelas Opik, membuat Kampung Kepuh Dua memiliki dua pos ronda. Awalnya, hanya ada satu. Yakni, pos ronda bapak-bapak.

Pos ronda khusus untuk pemuda itu, lanjut Opik, tak hanya untuk kegiatan siskamling. Tapi juga untuk tempat rapat program kepemudaan.

”Kan kalau sama bapak-bapak mah agak canggung gitu,” ungkap Opik.

Ia memastikan, dua pos ronda itu bakal dilengkapi peralatan keamanannya. Yakni, jadwal ronda, kentongan, borgol, buku mutasi tamu, alat pemadam kebakaran ringan (apar), dan pentungan. ”Kita juga bakal mengurus SK (surat keputusan yang dikeluarkan kepala desa) kelompok sadar hukum,” tegasnya.

Anggota IREKA Fathur menambahkan, para pemuda juga bakal membuat Kampung Kepuh Dua menjadi hijau. Pot-pot tanaman akan dipasang di pinggir sepanjang jalan. Serta, bakal membuat taman bunga.

”Pokoknya kami siap bersaing dengan RW lain,” tegasnya.

Dari pantauan Radar Banten, perkampungan di dekat kawasan wisata Pantai Anyer ini masih ada sampah berserakan di jalan kampung. (mg06/don)