Irna Ajak Pemuda Jauhi Narkoba, Tanto: Awasi Anak-Anak Kita

PANDEGLANG – Bupati Irna Narulita mengajak kepada semua generasi muda untuk menjauhi narkoba. Sikap itu, katanya, penting agar para pemuda di Pandeglang tidak terjerumus dalam pergaulan tidak sehat.

Menurut Irna, peran pemuda sangat penting dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu, lanjutnya, apabila ada generasi muda yang terjebak menjadi pengguna narkoba, kemajuan daerah bisa terganggu.

“Kalian harus bisa menjadi generasi yang produktif, kalau tidak produktif rugi kita. Para pemuda merupakan garda terdepan pembangunan daerah,” katanya di acara peringatan Hari Anak Nasional di gedung Pendopo Kabupaten Pandeglang, kemarin.

Hadir Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Raden Dewi Setiani, puluhan pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang, dan puluhan pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA.

Irna meminta kepada para pemuda agar tidak menggunakan narkoba, karena bisa mengancam kesehatan dan masa depan generasi muda. “Kubur, jauhi narkoba, jadilah generasi yang bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa, khususnya bagi Pemerintah Daerah. Masa depan daerah kelak akan menjadi tanggung jawab anda sekalian,” katanya.

Irna menyarankan kepada para pemuda agar giat belajar dan menuntut ilmu dengan rajin, serta melakukan pekerjaan yang positif. Sehingga, bisa mengharumkan nama daerah melalui ilmu pengetahuan dan keterampilan. “Ilmu yang kalian dapat, saya mohon sekali agar diimplementasikan untuk membantu memajukan daerah. Karena kalian semua merupakan aset yang harus dijaga agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang negatif,” katanya.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan hal senada. Dia mengajak kepada semua lapisan masyarakat agar ikut melakukan pengawasan terhadap pergaulan para pemuda agar tidak terbawa dan menjadi pengguna narkoba. “Menjaga para pemuda agar tidak menggunakan narkoba merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama. Makanya, mari kita bersama-sama mengawasi pergaulan anak-anak kita, agar terhindar dari hal yang negatif,” katanya.

Tanto menyarankan agar masyarakat segera melaporkan kepada aparat penegak hukum, apabila ada yang menggunakan narkoba. Tujuannya, selain untuk mencegah menyebarnya peredaran narkoba, juga sebagai upaya melindungi para pemuda dari barang haram tersebut. “Sekarang kita sudah ada lembaga untuk mengatasi persoalan narkoba, ada juga aparat penegak hukum. Apabila ada yang menggunakan narkoba, segera laporkan supaya bisa langsung ditangani,” katanya. (Adib F/RBG)