Irna Lakukan Vaksin Tahap Kedua

0
1264
Bupati Pandeglang Irna Narulita diperiksa kesehatannya usai divaksin tahap kedua di gedung DPRD Pandeglang, Kamis (28/1)

KARANGTANJUNG – Bupati Irna Narulita kembali melakukan vaksinasi virus corona di kediamannya di Kampung Ambuleuit, Kecamatan Karang Tanjung, Kamis (28/1). Pemberian anti body tahap kedua itu merupakan upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran corona.

Imunisasi vaksin Covid-19 dilakukan oleh tim kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dan disaksikan oleh  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Raden Dewi Setiani, Direktur RSUD Berkah Pandeglang Kodiat Juarsa, dan juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Achmad Sulaiman.

Bupati Irna Narulita mengaku, secara medis tidak merasakan hal aneh setelah menerima vaksin kedua kalinya itu.

Vaksin itu, kata dia, merupakan program Pemerintah dalam upaya mengatasi persoalan pandemi Covid-19. “Alhamdulillah, saya telah melakukan suntik vaksin yang kedua, tidak terasa apa-apa, rasanya seperti disuntik biasa saja,” katanya usai melaksanakan vaksinasi.

Irna meyakinkan, pemberian vaksin bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap corona karena mengandung antibodi virus tersebut.

Oleh karena itu, dia mengajak kepada masyarakat agar tidak takut dan mematuhi program pemerintah agar wabah corona bisa diselesaikan. “Masyarakat jangan takut dan ragu untuk divaksin, karena vaksin ini sudah teruji, aman dan halal, jadi jangan ada stigma buruk terhadap vaksin, katanya.

Namun, Irna mengingatkan, pemberian vaksin tidak boleh dijadikan alasan masyarakat berbuat bebas dan mengabaikan protokol kesehatan. Soalnya, kata dia, menjaga kesehatan merupakan kewajiban semua lapisan masyarakat di Pandeglang.

“Tetap terapkan protokol kesehatan, agar pandemi ini segera berakhir sehingga keberlangsungan aktivitas terus berjalan dan roda perekonomian masyarakat kembali normal,” katanya.

Kepala Dinkes Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan penyuntikan vaksin kepada Bupati merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya telah dilakukan vaksinasi tahap pertama 14 hari yang lalu.

Pemberian vaksinasi tahap dua  lanjutnya, untuk memaksimalkan daya tahan tubuh agar kebal terhadap serangan virus corona. “Pasca disuntik, Bupati mendapatkan kartu tanda suntik vaksin, kartu ini merupakan tanda dan bukti bahwa Bupati Pandeglang telah melaksanakan vaksinasi secara dua tahap,” katanya. (dib/zis)