Irna Minta Jaga Semangat Nasionalisme Generasi Muda

0
417 views
Bupati Pandeglang Irna Narulita memberikan santunan kepada anak yatim di Kecamatan Panimbang, Sabtu (19/9).

PANIMBANG – Bupati Irna Narulita meminta kepada ratusan anak yatim agar tidak terbawa dampak negatif perkembangan zaman atau globalisasi. Oleh karena, kata dia, tindakan tersebut bisa menghilangkan semangat nasionalisme dari para generasi muda di Pandeglang.

Menurut Irna, perkembangan zaman bisa berdampak negatif terhadap pergaulan generasi muda apabila tidak dibekali dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan agama. Oleh karena itu, globalisasi harus bisa dimanfaatkan sebagai ajang menambah wawasan dan pengetahuan agar bisa meningkatkan semangat nasionalisme dalam diri genarasi muda. 

“Generasi anak-anak sekarang ada tantangan yang sangat besar, yaitu globalisasi dan pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika kita tidak tangkal dan sikapi dengan baik, generasi bangsa kita di masa depan akan mendapat dampak buruk, bahkan kehancuran suatu generasi,” katanya di acara pemberian santunan kepada 50 anak yatim piatu di Griya Nyimas, Kecamatan Panimbang, Sabtu (19/9).

Irna mengatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga generasi muda agar tidak terjerumus dalam pergaulan negatif di era globalisasi adalah dengan memberikan pendidikan yang layak kepada anak agar bisa mencegah dari pergaulan yang tidak baik. “Pendidikan dan pembinaan akhlak anak yatim piatu, jadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat, yakni dengan memberikan pendidikan, ilmu pengetahuan dan agama,”  katanya.

Irna meminta doa anak-anak yatim agar pandemi Covid-19 di Pandeglang bisa segera selesai, sehingga perekonomian daerah dan masyarakat bisa kembali pulih serta program pembangunan bisa dikerjakan dengan optimal. “Doa mereka itu luar biasa, karena saya menyakini doa mereka sangat mujarab dan ini bagian dari ikhtiar kita semoga Covid-19 segera berakhir,” katanya.

Irna mengatakan, pemberian santunan bagi anak yatim tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Pandeglang terhadap kehidupan mereka. “Santunan terhadap mereka dan keberadaan anak yatim ini bukan hanya tangggung jawab Pemerintah saja akan tetapi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Pimpinan Majlis Taklim Riyadatul Istigfar Muhamad Iksan Kamil mengucapkan terima kasih atas pemberian santunan oleh Pemkab Pandeglang kepada anak-anak yatim tersebut. “Semoga santunan ini bisa menjadikan anak yatim lebih bersemangat, mereka tidak merasa terpinggirkan, mereka juga merasa yakin bahwa hidup di dunia ini tidaklah sendiri, masih banyak yang peduli dan menyayangi mereka,” katanya. (dib/zis)