Irna Minta OPD Awasi Pembangunan

Bupati Irna Narulita (kiri) didampingi Sekda Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin (kanan) memberikan arahan kepada para kepala OPD di acara rakor di aula Setda Kabupaten Pandeglang, Senin (22/7). Foto: Humas Pemkab Pandeglang for Radar Banten

PANDEGLANG – Bupati Irna Narulita meminta kepada semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Pandeglang agar melakukan pengawasan program pembangunan secara optimal. Tujuannya, selain untuk memastikan kegiatan yang dikerjakan sesuai aturan, juga sebagai upaya pencegahan adanya kesalahan pengerjaan. Menurut Irna, kegiatan pembangunan tidak akan berjalan dengan baik, apabila tidak dilakukan pengawasan dari instansi terkait.

“Bagi dinas teknis yang memiliki pekerjaan di lapangan harus dimonitor jangan sampai terbengkalai, karena kalau sudah terbengkalai masyarakat banyak yang akan dirugikan,” katanya di acara rakor OPD di aula Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pandeglang, Senin (22/7).

Irna menyarankan kepada para kepala OPD agar bisa membuat rencana program pembangunan yang bisa berdampak bagi kehidupan masyarakat agar anggaran pemerintah tidak terbuang. Apabila ada kegiatan yang tidak bermanfaat, lanjutnya, akan langsung dihapus.

“Bagi para kepala dinas juga harus dapat bekerja cepat, tepat sasaran, dan inovatif. Setiap program yang dibuat harus bisa mendatangkan manfaat banyak bagi masyarakat, jangan hanya menghabiskan anggaran tanpa ada manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Irna berpesan kepada para kepala OPD agar bekerja optimal, memiliki inovasi, dan bisa menjadi pemimpin yang baik. Tujuannya, selain menjaga roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik, juga agar visi misi pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 terlaksana.

“Kepala dinas harus bisa menjadi motivator, dan menjadi leader, sehingga dapat mengayomi bawahannya untuk bekerja dengan baik. Kepala dinas juga harus bisa merangkul semua bawahannya karena sebagai nahkoda dalam menjalankan program kegiatan di instansinya,”katanya.

Irna meminta kepada para pegawai untuk bisa mempertahankan kerja sama yang baik antar semua instansi pemerintahan, agar semua program kerja yang dibuat dapat diselesaikan dengan prima tanpa menimbulkan persoalan. “Semua OPD harus memiliki tim yang solid, harus bisa bekerja sama agar tidak ada pekerjaan yang tercecer. Saya dengan Pak Tanto tinggal sebentar lagi, saya harap infrastruktur dasar dapat terealisasi walaupun belum seluruhnya,” katanya. (Adib F/RBG)