Islamic Center Bakal Dibangun di Tanara

0
1.235 views
Memperbanyak baca Alquran saat Ramadan. Foto: Jawa Pos

TANARA – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mewacanakan pembangunan islamic center di Kecamatan Tanara. Islamic center bakal menjadi pusat kajian kitab kuning di Kabupaten Serang.

Dijelaskan Tatu, dipilihnya wilayah Tanara untuk pembangunan islamic center karena menjadi tempat kelahiran ulama besar Syekh Nawawi Al-Bantani. Kata Tatu, Syekh Nawawi dikenal banyak menciptakan kitab kuning sehingga perlu dilestarikan.

“Nama Beliau (merujuk Syekh Nawawi Al-Bantani-red) sudah terdengar sampai internasional sebagai pencipta kitab kuning. Makanya, islamic center dibangun di Tanara untuk pusat kajian kitab kuning,” terang politikus Golkar itu usai meresmikan angkutan perintis di Kecamatan Tanara, Senin (31/7).

Dengan berdirinya islamic center di Tanara, menurut Tatu, kitab kuning dapat dikaji lebih dalam. “Nanti akan dibangun semacam perpustakaan kitab kuning,” ujarnya.

Meski demikian, Tatu belum memastikan kapan islamic center dibangun. “Kalau tanahnya sudah ada, baru kita bangun. Pembangunan kan membutuhkan lahan lumayan luas,” terangnya.

Pembangunan islamic center, kata Tatu, nantinya menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten. Tatu juga berniat mengajukan bantuan anggaran kepada Duta Besar Saudi Arabia di Indonesia.

“Waktu itu saya pernah bertemu dengan Dubes Saudi Arabia, dia langsung menyambut baik. Katanya, agar segera dibuatkan proposal,” ungkapnya.

Camat Tanara Suhaeri menyambut baik rencana pembangunan islamic center itu. “Ini baru rencana. Kalau saya sih gimana Ibu (menyebut Ratu Tatu Chasanah-red) saja,” singkatnya. (Rozak/RBG)