Italia Kandaskan Spanyol 2-0, Dendam yang Terbalas

Twitter @UEFAEuro
Twitter @UEFAEuro

ITALIA sukses menuntaskan dendam atas Spanyol di Stade de France, Saint-Denis, Senin (28/6). Dua gol dari Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle seperti membalas kekalahan 0-4 di final Euro 2012 lalu.

Sejak awal laga, Italia memang tampil menyerang. Beberapa peluang, sudah mereka ciptakan pada awal-awal pertandingan ini.

Pada menit ke-5 contohnya, Eder nyaris membuka keunggilan setelah menyambut tendangan bebas Alessandro Florenzi. Namun, tandukannya masih bisa diselamatkan dengan baik oleh David de Gea.

Dua menit kemudian, gantian Emanuele Giaccherini yang mendapatkan peluang matang. Gelandang mungil ini melakukan tendangan akrobatik. Namun, wasit menilainya melakukan pelanggaran.

Ditekan, Spanyol mencoba keluar pada menit ke-20 melalui Cesc Fabregas. Namun tembakannya hasil kerja sama dengan Andres Iniesta masih bisa diblok oleh Leonardo Bonucci.

Begitu pula delapan menit setelahnya. Kali ini tendangan keras Iniesta masih bisa diselamatkan dengan baik oleh Gianluigi Buffon.

Asyik menyerang, Spanyol kecolongan. Ya, tiga menit berselang Azzurri akhirnya mampu membuka gol melalui Giorgio Chiellini.
Memanfaatkan tendangan bebas Eder yang ditepis De Gea, Chiellini sukses menyambarnya dan memasukan bola ke gawang Spanyol. 1-0 Italia memimpin.

Pada penghujung babak pertama, Italia kembali mendapatkan peluang melalui Giaccherini. Dengan tenang menusuk dari sektor kiri dan kemudian melepaskan tembakan langsung dengan kaki kanannya yang ditepis De Gea.

Skor 1-0 untuk keunggulan Azzurri bertahan hingga turun minum. Pada paruh kedua, La Furia Roja mencoba untuk mengejar ketertinggalannya.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Alvaro Morata nyaris menyamakan kedudukan. Namun, sundulannya masih lemah dan bisa diamankan oleh Buffon.

Menit ke-55, gantian Italia memperoleh peluang melalui Eder. Berlari kencang setelah mendapat umpan pendek dari Pelle, tendangannya hanya berakhir di tangan De Gea.

Memasuki menit ke-70, Spanyol lagi-lagi mendapatkan kesempatan untuk menyamakan gol lewat Aritz Aduriz. Menyambut sebuah umpan silang Jordi Alba dengan tembakan kaki kirinya, namun arah bola melebar di kanan gawang Buffon.

Pemain Spanyol tampaknya frustrasi oleh rapatnya pertahanan Italia. Sampai menit ke-75, mereka baru mencatatkan 2 shots on target saja ke gawang Buffon.

Pada menit ke-75, Iniesta memiliki kesempatan emas. Tendangan first-time dilepaskannya sesaat setelah menerima umpan Vazquez, akan tetapi Buffon dalam posisi yang tepat untuk mementahkan kesempatan tersebut.

Selang 10 menit, gantian Italia mengambil alih serangan melalui Lorenzo Insigne. Berawal dari penetrasi khasnya, sayang tendangan kerasnya masih bisa ditepis oleh De Gea.

Pada menit ke-90, Gerard Pique nyaris memaksa Italia bermain pada babak tambahan. Berawal dari sundulan Ramos, Pique menendang bola di depan gawang, namun aksi heroik Buffon masih belum bisa ditembus oleh Spanyol.

Dirasa laga bakal berakhir, Graziano Pelle mengejutkan Spanyol. Berawal dari serangan balik, Pelle sukses mencetak gol ke gawang De Gea.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor 2-0 tak berubah. Pada babak 8-besar nanti, Azzurri bakal menghadapi Jerman. (ies/JPG)

Susunan Pemain

ITALIA (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Florenzi (Darmian 84′), Parolo, De Rossi (Motta 53′), GIaccherini, De Sciglio; Pellè, Eder (Insigne 82′).

SPANYOL (4-3-3): De Gea; Juanfran, Piquè, Sergio Ramos, Jordi Alba; Fabregas, Busquets, Iniesta; David Silva, Morata (Vazquez 70′), Nolito (Aduriz 46′) (Pedro 82′)